Brilio.net - Sebagai manusia, kita menganggap diri bisa segalanya. Oke, ada benarnya. Namun untuk urusan memori, yakin kamu lebih hebat dari kelima hewan berikut?

Dikutip brilio.net dari laman Weird Worm, Senin (29/6) berikut kelima hewan yang bisa mengungguli memori manusia:

1. Simpanse

5 Hewan ini punya memori yang lebih tokcer daripada manusia, hebat!

Dalam sebuah penelitian di Universitas Kyoto, simpanse diajari untuk menghitung angka satu sampai sembilan. Lantas mereka diadu dengan manusia, yang diasumsikan lebih familier dengan angka. Langkah selanjutnya adalah mengacak posisi angka-angka tersebut kemudian ditutuplah angka-angkat tersebut. Subjek pun diminta untuk mengidentifikasi posisi setiap nomor. Hasilnya menunjukkan bahwa simpanse mampu menghafal lebih tepat posisi angka-angka tersebut dibandingkan manusia.

Hebatnya lagi, kemampuan menghafal simpanse tidak menurun seiring dengan dikuranginya waktu kesempatan menghafal. Berbeda dengan manusia yang mengalami penurunan menghafal kala waktunya dikurangi.

2. Singa laut

5 Hewan ini punya memori yang lebih tokcer daripada manusia, hebat!

Para ilmuwan di University of California, Santa Cruz, mengajari singa laut bernama Rio tentang konsep 'kesamaan'. Ilmuwan menunjukkan simbol kepada Rio dan kemudian menunjukkan dua kartu: mirip dengan simbol tadi dan yang berbeda dengan simbol tersebut. Jika Rio memilih dengan benar, maka dia akan diberi makan ikan kesukaannya. Hasilnya cukup mengejutkan, Rio berhasil menjawabnya.

Namun begitu, prestasi terbesar Rio terjadi sepuluh tahun kemudian!

Iya, Rio diberi tes serupa, namun menggunakan angka dan huruf. Dia mampu mengidentifikasi angka dan huruf yang sama, walaupun fakta menunjukkan mereka tidak melakukan trik seperti sebelumnya dalam waktu sepuluh tahun terakhir. Fenomena ini menunjukkan periode retensi (penyimpanan atau penahanan) terpanjang dikenal dari setiap spesies hewan, mengingat pula usia singa laut adalah 25 tahun. Hal ini seperti manusia yang mencoba mengingat kembali soal matematika 40 tahun yang lalu, artinya cukup mustahil. Para ilmuwan percaya, memori yang dimiliki singa laut itu untuk mengidentifikasi mangsa.

3. Gajah

5 Hewan ini punya memori yang lebih tokcer daripada manusia, hebat!

Mungkin manusia yang memiliki 20 anak akan kewalahan mencari posisi anak-anaknya yang main ke sana kemari di taman hiburan, tapi tidak dengan gajah. Gajah dapat melacak keberadaan sampai 30 anggota keluarganya, terlepas dari jarak atau arah mereka. Hal ini disebabkan gajah menciptakan peta mental yang menempatkan posisi masing-masing anggota keluarga, bahkan jika mereka terpisah dari kawanan yang ada. Tak heran mereka akan memecah menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mencari makan tanpa takut kehilangan induk atau kawanan mereka.

Untuk menjaga peta mental tetap akurat, gajah terus memperbarui informasi yang mereka gunakan, dengan menggunakan ketajaman indra penciuman dan urin. Setiap kali mereka menemukan aroma urin gajah lain, mereka mengidentifikasi gajah lain dan memperbarui posisi mereka dan menghapus jejak yang lama.

4. Octopus / gurita

5 Hewan ini punya memori yang lebih tokcer daripada manusia, hebat!

Octopus mampu memprediksi pemenang ajang sepak bola dunia, bagaimana bisa?

Tidak seperti hewan invertebrata lainnya, memori jangka panjang dan pendek octopus telah berkembang, yang didukung dengan miliaran neuron. Octopus juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu memori jangka panjang yang menempel pada memori jangka pendek melalui sebuah struktur yang disebut vertical lobe.

Dalam situasti tertentu, memori jangka pendek dapat meningkatkan kinerja memori jangka panjang melalui vertical lobe itu, yang mampu mengubah octopus dari hewan buas menjadi jenius. Nah, andai kata manusia punya manfaat otak seperti octopus, pasti kita jadi orang yang baik hati dan pintar.

5. Clark Nutcracker

5 Hewan ini punya memori yang lebih tokcer daripada manusia, hebat!

Eits, bukan Clark Kent 'Superman' ya. Ini jenis burung yang mampu mengingat lokasi sekitar 33.000 titik, tentu saja titik tempat mereka menyimpan makanan mereka! Tidak peduli tertutupi salju sekalipun. Sumber makanannya sendiri adalah biji pinus. Burung ini hidup di daerah Eropa, Asia, Himalaya, dan Amerika Utara.

Selain mampu mengingat titik-titik tempat yang luas itu, burung ini juga anti malas, lho. Buktinya mereka bisa menemukan puluhan ribu titik kacang pinus mereka. Bukan usaha yang cemen, bukan?

Clark Nutcracker juga memiliki area hippocampus, bagian dari otak yang berhubungan dengan memori spasial, yang terus memproduksi neuron menjadi dewasa. Jadi, kalau memori manusia menurun seiring bertambahnya usia, memori burung ini justru menjadi lebih baik.

Menakjubkan ya? Masa iya kamu kalah pinter.

WAJIB JUGA KAMU BACA:

Kamu pernah bertanya-tanya kenapa hewan memiliki ekor? Ini jawabannya

12 Hewan aneh yang ada di dunia

Buaya hewan setia, tapi kenapa identik dengan pria hidung belang?

6 Kotoran hewan ini kini laris manis jadi makanan & minuman, kamu mau?

Singa itu hewan pemberani, mitos atau fakta?