Brilio.net - Kamu bisa menganggap hewan kesayangan bagian dari anggota keluarga karena sudah lama memeliharanya. Bahkan kamu juga tidak melarang kucing atau anjingmu tidur satu ranjang denganmu. Kamu juga sering memeluk dan mencium hewan kesayangan ini. Hal ini dilakukan karena sudah sangat cinta dengan makhluk tersebut. Tapi amankah tidur dengan hewan peliharaan?

Jawabannya adalah tidak. Banyak rekomendasi dari para ahli yang tidak menyarankan kamu tidur dengan hewan peliharaan, sebagaimana dikutip brilio.net dari NBC News, Selasa (11/8). Hal ini dikarenakan 60% dari semua patogen (bakteri) manusia bisa saja ditularkan oleh hewan. Selain itu data kesehatan juga menyebutkan bahwa 100 dari 250 penyakit ternyata berasal dari hewan peliharaan yang dijinakkan.

Meskipun begitu, studi yang diterbitkan oleh CDC journal Emerging Infectious Diseases mengonfirmasi bahwa kasus penyakit yang ditularkan oleh hewan peliharaan sangat jarang. Akan tetapi, bukan berarti kamu mengabaikan informasi ini. Banyak orang-orang yang mengalami gangguan parah karena tidur dengan hewan kesayangan mereka.

Sebagai contohnya adalah wanita berumur 60 tahun asal Inggris. Wanita ini terkena meningitis karena terlalu sering mencium anjing. Bahkan bocah berumur 9 tahun asal Arizona terkena kutu yang berasal dari anjingnya karena sering tidur bersama. Bahkan dalam kasus lain, tidur dengan hewan bisa menyebabkan parasit dalam tubuh.

Untuk menghindari hal tersebut, hewan peliharaan kamu harus sering dikontrol dengan vaksin dan juga perawatan medis lainnya. Selain itu kamu juga harus menjaga kebersihan mulai dari kandang. Bahkan kamu juga harus memastikan peralatan makan hewan juga bersih.