×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 CEO asal India yang berhasil menggebrak dunia, keren abis!

View Image

0

BRILIO » News

5 CEO asal India yang berhasil menggebrak dunia, keren abis!

India juga melahirkan sejumlah sosok yang menjadi CEO perusahaan-perusahaan terkenal.

24 / 08 / 2015

Brilio.net - Selama ini kita mengenal India hanya dari Bollywood-nya saja. Lainnya mungkin hanya penduduknya yang terbanyak kedua di dunia hingga tingkat kemiskinannya yang cukup tinggi. Padahal dari jutaan penduduk itu ada lima orang yang sukses mencapai jabatan tertinggi sebagai CEO perusahaan besar dunia.

Memulai kariernya dari bawah mereka akhirnya bisa mengalahkan kandidat lainnya yang berasal dari Amerika maupun Eropa untuk memimpin beberapa perusahaan besar seperti Google dan Microsoft. Siapakah mereka? Cek ulasannya di bawah ini:

1. Satya Nadella, CEO Microsoft

5 CEO asal India yang berhasil menggebrak dunia, keren abis!

Satya memulai kariernya di Microsoft sejak tahun 1992 dengan mulai menjadi staf di Sun Microsystems. Pria kelahiran tahun 1967 ini memang terkenal cerdas sejak berada di bangku sekolah.

Loading...

Satya mengambil jurusan Teknik Listrik di Manipal Institute of Technology, India, kemudian meneruskan S2 di University of Wisconsin-Milwaukee, Amerika Serikat, jurusan Ilmu Komputer.

Tak berapa lama kemudian dia juga mendapat gelar MBA dari University Chicago Booth School of Business. Satya sempat juga memimpin proyek Microsoft yang berpusat pada pengembangan cloud. Lalu pada 9 Februari 2014, kemudian dipilih menjadi CEO Microsoft.

2. Indra Nooyi, CEO Pepsi Co

5 CEO asal India yang berhasil menggebrak dunia, keren abis!

Menjadi seorang perempuan bukan berarti tak bisa memimpin perusahaan dunia. Contohlah perempuan asal India ini. Terlahir dari keluarga tak mampu, dia berhasil menjadi CEO Pepsi Co.

Indra bergabung dengan Pepsi pada tahun 1994 sebagai staf keuangan. Kariernya yang terus moncer dan berani menyetir kebijakan-kebijakan pengembangan Pepsi membuatnya kemudian dipilih menjadi CEO pada tahun 2006.

Bahkan sejak tahun 2008 hingga 2014, Majalah Forbes selalu memasukkan Indra ke dalam 100 besar wanita yang paling berpengaruh di dunia.

3. Ajay Banga, CEO Mastercard

5 CEO asal India yang berhasil menggebrak dunia, keren abis!

Ajay Banga memulai kariernya di Nestle pada 1981 kemudian beralih ke Pepsi Co. Baru pada tahun 2010, Ajay kemudian dipilih menjadi CEO kartu kredit dunia Mastercard. Lulusan Indian Institute of Management ini mempunyai leadership yang sangat kuat hingga membuatnya disukai banyak orang.

Selain itu, pada awal bulan Februari 2015, Ajay juga dipilih sebagai anggota Komite Penasihat Presiden untuk Kebijakan Perdagangan dan Negosiasi oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.

4. Shantanu Narayen, CEO Adobe Systems

5 CEO asal India yang berhasil menggebrak dunia, keren abis!

Shantanu lahir pada tahun 1963 dari ibu seorang dosen dan ayah yang bekerja di pabrik plastik. Shantanu memulai kariernya di Apple.

Tak berapa lama kemudian dia memilih keluar dari Apple dan mengembangkan sistem digital photo sharing di internet. Bakatnya yang luar biasa kemudian membuatnya dipilih menjadi CEO Adobe Systems menggantikan Bruce Chizen pada tahun 2007.

5. Sundar Pichai, CEO Google

5 CEO asal India yang berhasil menggebrak dunia, keren abis!

Ini yang paling baru, seorang pria asal India, Sundar Pichai, dipilih menjadi CEO Google pada 10 Agustus 2015.

Sundar mulai bergabung dengan Google pada 2004 untuk mengembangkan inovasi termasuk di dalamnya Google Chrome. Tak hanya itu saja, Sundar juga berkeliling untuk mengembangkan Gmail dan Google Maps. Pria kelahiran 1972 ini juga yang berhasil menjadikan Android sebagai salah satu produk andalan Google. Karena prestasinya yang luar biasa tersebut, Sundar akhirnya dipilih menjadi CEO Google menggantikan Larry Page.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more