Brilio.net - Patah hati, entah itu karena putus cinta atau jadi korban PHP memang sakit rasanya. Bukan hal mudah untuk cepat move on. Apalagi kalau kamu sedang cinta-cintanya dengan si doi lalu mendadak kalian berpisah.

Seringkali, ada yang membutuhkan waktu lama untuk move on. Tapi, tak sedikit juga yang nggak butuh waktu lama untuk kembali menjalani hidup dengan biasa. Semua ini tergantung dari bagaimana kamu menyikapi patah hati dan seberapa besar tingkat patah hatimu. Memang nggak mudah buat untuk move on, tapi bukan berarti nggak bisa diakali biar cepat berlalu patah hatinya.

"Kalau aku, biar cepet move on ya cari pacar lagi. Sialnya, kadang nggak dapet-dapet pacar lagi jadi ya harus dihadapi patah hatinya," ungkap Rahayu, pegawai di salah satu bank swasta kepada brilio.net, Senin (14/12).

Nah, berikut cara jitu kamu bisa cepat move on seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Cari pacar atau gebetan baru

foto: lethow.com

Segera untuk cari pacar atau gebetan baru untuk melupakan mantanmu. Cara ini ampuh, kamu akan sibuk dengan pacar atau gebetan barumu sehingga tak punya waktu banyak untuk galau. Tapi, bukan berarti kamu harus terburu-buru sehingga membuatmu patah hati lagi. Kamu tetap harus selektif dan memilih pasangan yang tepat.

2. Nggak usah kepo lagi

foto: www.independent.co.uk

Kepo, stalking si doi di sosial media tau menanyakan kepada teman-temannya soal kabarnya akan membuatmu susah move on. Apalagi kalau kamu lakukan tiap jam, bayangannya akan semakin susah hilang. Selain itu, kamu jadi akan terus memikirkan kegiatan-kegiatannya. Belum lagi kalau ternyata dia punya gebetan atau pacar baru, hal ini akan membuatmu semakin patah hati.

3. Bikin kenangan baru di lokasi bersejarah kalian

foto: www.nydailynews.com

Nggak harus dengan gebetan atau pacar baru, kamu bisa membuat kenangan baru di tempat bersejarah kalian dengan teman-temanmu. Kalau kamu tetap susah mengganti kenangan tersebut, hindari tempat-tempat bersejarah yang akan membuat hatimu semakin melow.

4. Simpanlah barang-barang kenangan

foto: simplyfabulousliving.com

Melihat barang-barang kenangan dari doi bisa membuatmu kembali teringat lagi. Hal ini tentu membuatmu semakin susah move on. Simpanlah barang-barang kenangan kalian di gudang atau tempat yang jauh dari jangkauan.

5. Rajin nongkrong bareng teman

foto: www.huffingtonpost.co.uk

Menghabiskan waktu bersama teman-teman akan membuatmu tak terlalu sibuk dengan kegalauan. Membicarakan banyak hal dengan mereka tentang hal-hal baru juga akan membuat kamu cepat move on.

6. Hindari mendengarkan lagu galau

foto: www.financialprospect.com

Meskipun semua lagu menjadi galau waktu patah hati, tapi lagu-lagu tertentu seringkali membuatmu semakin sedih. Dengarkan lagu-lagu ceria agar cepat move on. Penuhi play list kalian dengan lagu-lagu yang berisi semangat hidup.

7. Usahakan untuk tidak menghubunginya lagi

foto: www.theguardian.com

Mencoba menghubungi doi entah itu sekadar bertanya kabar atau alasan lain, akan menghalangi move on kamu. Hindari untuk menghubunginya, atau membalas pesannya jika dia menghubungimu. Buatlah jarak antara kalian. Jika perasaanmu padanya sudah biasa saja, barulah menjalin pertemanan biasa.

8. Jangan larut dalam waktu 'berkabung'

foto: pixsearching.com

Kamu memang harus memberi waktu 'berkabung' patah hatimu. Tapi, jangan terlalu lama dan larut dalam kesedihan. Kamu harus memaksa dirimu untuk menyudahi masa berkabungmu dengan melakukan kegiatan seperti biasanya.

9. Menjalani hobi

foto: www.huffingtonpost.com

Inilah saatnya kamu menekuni dan sibuk dengan hobimu. Kamu bisa traveling kalau kamu hobi jalan-jalan, hunting foto atau menulis sebuah buku.

10. Menyibukkan diri

foto: jumbonote.com.au

Kamu bisa menyibukkan diri dengan pekerjaan, tugas kuliah, atau membuat karya-karya yang berguna. Dengan menyibukkan diri, kamu tak akan larut dalam kesedihan. Jika suka bermain musik, kamu bisa membuat karya dari kisah patah hatimu.

(brl/fen)

(brl/fen)