Brilio.net - TheRichest merilis 10 anak yang merubah dunia melalui situs berbagi video. Dalam usia yang masih belia dan dalam posisi bertumbuh-kembang itu, mereka punya karya yang berharga bagi dunia.

Langsung saja kenali 'anak-anak' tersebut beserta prestasinya ya!

1. Jack Andraka

Pada usia 16 tahun, dia telah menemukan metode mendeteksi kanker sejak stage awal. Metode ini melibatkan pengidentifikasian suatu protein yang terdapat dalam urin yang mengindikasikan keberadaan pankreas, ovarium, dan kanker paru-paru.

2. Louis Braille

Loading...

Lahir pada 1809 di Coupvray, Perancis, Louis Braille bertahan dengan cedera mata sebelahnya yang membuatnya buta sejak 3 tahun hingga kematiannya pada usia 34 tahun. Sewaktu belajar di Royal Institute for Blind Paris, dia mulai mengembangkan sistem membaca dengan menggunakan titik-titik timbul yang melambangkan masing-masing huruf. Pada usia 19 tahun, dia menjadi pengajar tetap di lembaga yang sama untuk mata pelajaran komunikasi, grammar dan geometri.

3. Iqbal Masih

Dijual untuk menjadi buruh di industri karpet di Muridke, Pakistan dan bekerja hingga 12 jam per hari. Di usia 10 tahun, dia melarikan diri dan bergabung dalam Front Kebebasan Buruh di Pakistan dan membebaskan sekitar 3.000 anak-anak. Dia dibunuh pada Senin paskah pada 1995 dan diduga kuat pelakunya adalah mafia industri karpet.

4. Anne Frank

Selama dua tahun bersama ayahnya tinggal secara bersembunyi di kantor sang ayah di Belanda karena masa itu sedang maraknya penganiayaan terhadap penduduk Yahudi. Anne akhirnya ditangkap dan menjalani masa tahanan selama 7 bulan di penjara Bergen-Belsen dan kemudian meninggal karena Tipus. Anne Frank menjadi perbincangan publik sebagai korban Holocaust, dikenal sebagai penulis handal dan penuh kesan sejak sang ayah Otto Frank menerbitkan diarynya yang berjudul The Diary of a Young Girl. Buku ini telah diterjemahkan dalam 67 bahasa.  

5. Elif Bilgin

Pada usia 16 tahun, Elif menampilkan terobosan dari bioplastik yang tidak mudah membusuk. Dia menemukan kandungan pati yang tinggi pada kulit pisang. Pati adalah bahan utama untuk plastik yang akan dibuatnya.

6. Blaise Pascal

Hanya butuh usianya 12 tahun baginya untuk dapat menemukan alat hitung yang kini kita kenal dengan nama kalkulator. Ini adalah hadiah untuk ayahnya yang merupakan seorang pengumpul pajak. Awalnya dinamai 'Pascaline' dan serukuran kotak sepatu dan beroda. Pascal juga menemukan teori probabilitas, jarum suntik, dan rolet.

7. Malala Yousafzay

Terkenal sebagai aktivis yang memperjuangkan hak mendapat pendidikan dan hak perempuan, terutama di lembah Swat Pakistan. Malala bangkit melawan Taliban yang melarang perempuan bersekolah. Pada usia 15 tahun, Malala bertahan hidup dengan sebuah peluru di kepalanya setelah menentang permintaan Taliban dan setelah pemulihan dari koma, dia melanjutkan tentangannya dengan mengirim buku dan pena dan sebaliknya dibalas batalyon dan granat oleh Amerika Serikat. Pada usia 17 tahun, dia menjadi orang termuda penerima nobel perdamaaian.

8. Claudette Colvin

Pada usia 15 tahun, Colvin angkat suara melawan pemisahan pada 1955 ketika dia menolak melepaskan kursinya ketika ada praktik segregasi. Segregasi adalah pemisahan kelompok/ras secara paksa, diskriminasi ini bisa disebut pengasingan. Setelah ditangkap karena perlawanannya itu, dia menantang keabsurdan hukum di lapangan. Dia memimpin supremasi hukum untuk 'kejahatan' segregasi pada bus setiap waktu.

9. Ann Makosinski

Gadis British-Columbia ini mnemukan senter yang bisa menyala dengan panas yang dihasilkan tangan sendiri. Dia menggunakan ubin peltier sebagai komponen panas listriknya. Ketika satu sisi mendapat panas dan sisi lain dingin karena suhu lingkungan, energi listrik muncul sehingga senter bisa menyala tanpa perlu menggunakan baterai.

10. Boyan Slat

Usia 19 tahun, pemuda asal Belanda ini tampil di hadapan publik sebagai pembersih lautan. Sarana pengolahan yang dibuatnya didesain tak hanya mengumpulkan sampah tapi juga menghindari biota laut seperti ikan dan plankton mudah lewat dan tidak terluka. Garapannya ini bisa membersihkan 20 miliar ton plastik dari lautan.

Nih, kalau kamu mau lihat cuplikan aksi-aksi hebat mereka