1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Syifa Fauziah 19 Maret 2016 21:04

Jenis-jenis kain tenun asli Indonesia yang wajib kamu tahu!

Dari ujung Aceh sampai Papua, motif dan warnanya pun beragam.

Brilio.net - Selain batik, Indonesia juga terkenal dengan tenunnya yang beragam. Setiap daerah punya ciri khas kain tenun yang beragam. Dari dulu hingga saat ini, tenun masih dibuat dengan alat yang tradisonal. Menurut Yovita Meta Bastian, perintis weafing for life mengatakan bahwa tenun memang harus dibuat dengan alat tradisional karena kalau dengan mesin hasilnya tidak akan maksimal.

"Tenun saat ini di daerah NTT masih dibuat dengan alat tradisional, namanya Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Kita memang tidak menggunakan mesin karena dapat mengurangi tenaga kerjanya. Kasian warga di sana kalau semua harus pakai mesin," ujarnya kepada brilio.net, di Jakarta, Minggu (19/3)

Yovita juga mengatakan beragam jenis tenun dari Indonesia dan kini dia sedang membesarkan tenun biboki dari NTT, tanah kelahirannya. Selain tenun Biboki, ada beragam tenun-tenun di Indonesia lainnya yang kini populer di kalangan masyarakat. Yuk, kita simak tenun apa saja yang sedang populer:

1. Tenun Ulos



2. Tenun Gringsing



3. Tenun Buna Insana



4. Tenun Biboki



5. Tenun Sumba



6. Tenun Lurik



7. Tenun Toraja



8. Tenun Ikat Troso



9. Tenun Dayak



10. Tenun Lombok



Jenis tenun di atas hanya sebagian saja lho, masih banyak kain tenun khas Indonesia dengan corak dan warna yang beragam.

(brl/ani)

YOU MAY ALSO LIKE

BRILIO VIDEO

4 Manfaat Spons Yang Bisa Kamu Buat Dengan Mudah!
Inilah yang menjadikan spons serba guna. Spons dapat digunakan untuk membersihkan permukaan basah. Selain itu, karena permukaannya yang lembut, ...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?