Brilio.net - Indonesia sangat kaya akan ragam kuliner baik makanan ataupun minuman dari berbagai daerah. Minuman khas Indonesia pun tidak kalah beragamnya. Selain segar, minuman tradisional Indonesia juga banyak memberikan khasiat bagi peminumnya. Di antara banyaknya minuman trasional, berikut berilio.net sajikan tujuh jenis yang paling fenomenal.

1. STMJ (Susu Telur Madu Jahe)

Ragam minuman tradisional yang fenomenal dan khasiatnya hebat

Minuman tradisional ini, pasti sudah tertebak kan seperti apa rasanya? STMJ adalah minuman tradisional yang terdiri dari campuran susu sapi murni, telur bebek/ayam kampung, madu, dan jahe. Minuman yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan stamina dan memulihkan kembali kondisi badan yang kurang fit. STMJ mudah sekali dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, biasanya setiap penjual jamu pasti punya resep yang satu ini.

2. Bajigur

Ragam minuman tradisional yang fenomenal dan khasiatnya hebat

Bajigur adalah minuman tradisional Indonesia yang berasal dari Sunda. Minuman tradisional berwarna coklat ini adalah perpaduan antara gula aren dan santan kelapa, sedikit jahe, garam serta bubuk vanili yang memberikan efek wangi yang khas. Bajigur sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin serta berkhasiat bisa mengobati berberapa penyakit seperti deman serta sakit perut.

3. Bandrek

Ragam minuman tradisional yang fenomenal dan khasiatnya hebat

Sekilas bandrek terlihat seperti bajigur, namun bandrek adalah bentuk modifikasi dari bajigur. Bandrek memiliki komposisi rempah yang lebih kaya karena selain jahe, bandrek terdiri dari campuran cengkeh, serai, susu, daun pandan wangi, serta tambahan kelapa muda. Bandrek bermanfaat menghangatkan badan, meringankan batuk dan masuk angin. Selain itu, bandrek juga bisa meningkatkan nafsu makan serta membantu mengatasi pegal linu.

4. Wedang ronde

Ragam minuman tradisional yang fenomenal dan khasiatnya hebat

Minuman tradisional ini merupakan khas dari Pulau Jawa. Akan banyak kita temui, terutama di Yogyakarta dan Solo. Komposisi utama dalam wedang ronde adalah sirup jahe hangat yang diberi campuran kayu manus, serai, kacang bawang, cuilan roti, kolang-kaling serta tidak ketinggalan si empunya "ronde". Ronde sendiri adalah adonan berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari tepung ketan yang di bagian dalamnya berisi kacang yang telah dihaluskan. Selain untuk menghangatkan badan saat cuaca dingin, wedang ronde juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tenggorokan, mencegah mabuk perjalanan, menguransgi pusing atau sakit kepala, menurunkan kadar kolesterol tubuh, serta mengurangi resiko stroke.

5. Wedang uwuh

Ragam minuman tradisional yang fenomenal dan khasiatnya hebat

Wedang dalam bahasa Jawa berarti minuman, sedangkan uwuh sendiri berarti sampah dedaunan. Sampah? Lho, tapi jangan kaget dulu ya guys. Diberi nama wedang uwuh, konon katanya karena komposisi campuran berbagai macam dedaunan alami dalam cangkir atau gelas itu terkesan berserakan seperti sampah. Wedang uwuh terbuat dari air jahe, kayu secang, cengkeh (termasuk bunga, batang dan daunnya), kayu manis dan daunnya, pala dan daun pala, akar dan daun serai, serta gula batu atau gula merah untuk memberi rasa manis. Jenis minuman yang satu ini juga tidak kalah berkhasiat karena wedang uwuh ini dipercaya bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestorel serta kaya akan antioksidan.

6. Bir pletok

Ragam minuman tradisional yang fenomenal dan khasiatnya hebat

Meskipun namanya bir pletok, bir khas Betawi ini tidak ada campuran alkoholnya kok guys. Malah menyehatkan dan berkhasiat bagi tubuh lho. Minuman tradisional ini terbuat dari sari jahe, gula merah dan gula pasir, sari bunga selasih, cabai, kapol serta akar-akaran. Sensasi pertama merasakan bir pletok adalah rasa pedasnya yang agak kuat, namun selanjutnya akan memberikan sensasi hangat pada tubuh. Bir pletok juga enak disajikan dalam kondisi dingin, cukup tambahan beberapa potongan es batu saja. Khasiatnya pun beragam, mulai dari mengatasi masuk angin, membantu melancarkan darah, meringankan gejala migrain serta dapat mengatasi masalah susah tidur atau insomnia.

7. Saraba

Ragam minuman tradisional yang fenomenal dan khasiatnya hebat

Minuman khas Sulawesi Selatan ini tebuat dari jahe, gula aren, kayu manis, kuning telur, santan dan merica bubuk. Sebagai minuman tradisional khas Sulawesi Selatan, maka saraba mudah sekali ditemui di pinggir jalan kota termasuk di Makassar pada malam hari. Minuman ini sudah pasti akan membantu menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, selain itu juga berkhasiat sebagai penambah stamina, menambah nafsu makan serta membantu memperbaiki sistem pencernaan.

Nah guys, bagaimana tertarik untuk mencoba minuman tradisional yang kaya akan khasiat ini?