Brilio.net - Secara umum pengertian pasar tradisional adalah tempat bertemunya penjual lokal dengan pembeli untuk mengadakan suatu transaksi disertai tawar menawar sehingga tercapai kesepakatan harga. Belakangan ini, pasar tradisional mulai tersingkirkan akibat makin banyaknya minimarket dan supermarket. Bahkan sampai ditempat-tempat terpencil. Nggak heran, keberadaan pasar tradisional mulai dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Padahal belanja di pasar tradisional banyak keuntungannya lho guys. Kamu bisa tawar menawar, produknya lebih segar, dan kamu juga bisa berinteraksi secara langsung dengan para pedagang lokal. Selain itu, banyak lagi keuntungan yang kamu dapat kalau belanja di pasar tradisional. Penasaran? Berikut brilio.net, Jumat (13/11) paparkan 10 alasan kenapa kamu harus belanja di pasar tradisional daripada di supermarket.

1. Bisa tawar menawar

10 Alasan kamu harus belanja di pasar tradisional

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: labkultur.tv

Nggak seperti di supermarket yang harganya nggak bisa ditawar. Kalau belanja di pasar tradisional kamu bisa bebas menawar harga sesuka kamu. Semakin kamu jago menawar maka semakin murah pula harga barang yang kamu dapat. Di sinilah letak seninya. Walaupun terdengar mudah, padahal tawar menawar nggak mudah juga lho. Berani mencoba?

2. Lebih lengkap dan banyak pilihan

10 Alasan kamu harus belanja di pasar tradisional

foto: kaganga.com

Barang-barang yang ada di pasar tradisional juga jauh lebih lengkap daripada di supermarket apalagi minimarket. Hampir semua kebutuhanmu ada di pasar tradisional, mulai bahan mentah, sayur mayur, buah-buahan, alat rumah tangga, sampai pakaian dalam pun ada. "Selain bisa nawar dan lebih murah, kalau beli di pasar tradisional itu barangnya jauh lebih lengkap, barang yang nggak ada di supermarket biasanya tersedia di pasar tradisional," tutur Gita, salah satu karyawan swasta kepada brilio.net, Jumat (13/11).

3. Membeli produk dalam negeri berarti cinta produk Indonesia

10 Alasan kamu harus belanja di pasar tradisional

foto: demotix.com

Kalau kamu cinta Indonesia, berarti sudah saatnya kamu mencoba untuk mulai belanja kebutuhanmu di pasar tradisional. Della, ibu dua anak yang juga karyawan swasta ini menjelaskan, kalau barang yang dijual di pasar tradisional rata-rata adalah hasil petani lokal, jadi belanja di pasar tradisional itu sama dengan cinta produk dalam negeri.

4. Produk lebih segar

10 Alasan kamu harus belanja di pasar tradisional

foto: swisse.com

Selain lebih lengkap, produk yang ada di pasar tradisional biasanya lebih segar. Itu terjadi karena para pengepul selalu menyetok barang pagi-pagi sekali untuk dijual pada hari itu juga, sehingga barang lebih segar. Dan proses itu berlangsung setiap hari.

5. Nggak perlu dandan atau pakai baju bagus

10 Alasan kamu harus belanja di pasar tradisional

foto: sevilla99.wordpress.com

Alasan yang satu ini khusus buat kamu cewek yang biasanya males dandan atau malas ganti baju. Kalau belanja di pasar tradisional, kamu cukup pakai daster aja rasanya nggak jadi masalah.

6. Jam buka lebih pagi

10 Alasan kamu harus belanja di pasar tradisional

foto: naningisme.wordpress.com

Nggak seperti supermarket, pasar tradisional biasanya buka jauh lebih pagi. Ini memudahkan bagi mereka yang mempunya usaha kuliner untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan. "Karena aku punya usaha rumah makan padang, biasanya aku belanja bahan untuk rumah makan pagi-pagi sekali. Dan ini hanya bisa dilakukan kalau aku belanja di pasar tradisional," tambah Benny, salah satu pengusaha rumah makan di Bali.

7. Pasar tradisional nggak kalah nyaman

10 Alasan kamu harus belanja di pasar tradisional

foto: traveljournals.net

Pandangan masyarakat jika mendengar pasar tradisional adalah tempatnya berantakan, sampah berserakan, becek kalau hujan. Tapi sekarang sudah banyak lho pasar tradisional yang tertata rapi dan bersih. Pasar Gede di Solo, contohnya. Pasar yang merupakan pasar tradisional di Jawa Tengah ini tertata rapi, nggak terkesan sumpek karena atapnya yang tinggi, sehingga cukup lega untuk dijelajahi.

8. Harga barang lebih murah

10 Alasan kamu harus belanja di pasar tradisional

foto: en.citizendaily.net

Belanja di pasar tradisional jauh lebih murah, karena selain bisa kamu tawar, barang yang dijual juga hasil pribumi. Dan yang pastinya bebas PPN guys.

9. Bisa lebih akrab dengan pedagang

10 Alasan kamu harus belanja di pasar tradisional

foto: fotokita.net

Kalau kamu sering belanja di pasar tradisional, biasanya para pedangang akan ingat kalau kamu adalah pelanggan tetap. Tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri buat kamu. "Biasanya kalau udah langganan gitu, si penjual kayak sudah hapal aja kita mau beli apa. Jadi lebih enak aja komunikasinya," ungkap Indra, pria bertubuh tambun yang juga punya usaha kafe di Kota Jogja.

10. Membeli di pasar tradisional berarti kamu mendukung usaha kecil

10 Alasan kamu harus belanja di pasar tradisional

foto: deeadewie.wordpress.com

Semakin banyaknya minimarket dan supermarket menyebabkan pendapatan pedagang di pasar tradisional sedikit menurun. Seperti yang kamu tahu, pedagang di pasar tradisional biasanya adalah pedagang kecil. Jika para pedagang kecil ini omsetnya menurun, otomatis para produsen seperti petani dan peternak juga terkena dampaknya. Nah, jika kamu belanja di pasar tradisional secar nggak langsung berarti kamu juga mendukung usaha kecil para pedagang lokal sampai ke produsen lokal.

(brl/pep)

(brl/pep)