Brilio.net - Pernah dengar lagu Blue Jeans? Lagu milik penyanyi muda Gangga ini sempat viral di TikTok beberapa waktu lalu. Rilis pada akhir 2019, kini video musik Blue Jeans sudah ditonton lebih dari 19 juta kali.

Sukses dengan lagu Blue Jeans, Gangga kembali merilis single terbaru bertajuk Whiskey Bottle. Single yang rilis pada Jumat (25/6) itu masih memiliki benang merah dengan lagu Forever yang sudah bisa didengarkan sejak Maret lalu.

Whiskey Bottle dan Forever masih mengangkat topik sama seputar kerinduan dan proses patah hati. Meski begitu keduanya memiliki warna musik yang berbeda.

"Forever dan Whiskey Bottle itu karya yang beriringan dan punya kesinambungan cerita. Whiskey Bottle sendiri bakalan jadi salah satu pembuka dari album pertama," ungkap Gangga seperti dikutip brilio.net dari rilis yang diterima pada Sabtu (26/6).

Gangga single Whiskey Bottle © 2021 Instagram

foto: Instagram/@ganggaksm

Whiskey Bottle menggambarkan salah satu bagian perjalanan seseorang yang tengah memproses kesedihan memori dan patah hati. Selain mewakili seseorang yang tengah merindu, lagu ini juga ditujukan untuk memotret upaya melupakan masa lalu.

Berbeda dengan Forever yang memiliki lantunan musik cenderung pelan, Whiskey Bottle menyajikan irama khas middle-up yang menarik perhatian para pendengar saat menyelami karya ini. Whiskey Bottle terasa rapuh sekaligus terdengar ringan pada waktu bersamaan.

"Di Whiskey Bottle ini, gue cerita proses yang gue laluin sebelum berada di fase Forever. Dari pembawaan musik di lagu ini, gue mau melewati fase ini, kesedihan dan patah hati, dengan lebih rileks untuk bisa memahami dan menerima kesedihan yang gue miliki," jelas Gangga.

Dalam proses pembuatan Whiskey Bottle, cowok pemilik nama lengkap Gangga Kusuma ini bekerja sama dengan Petra Sihombing dalam penulisan lirik. Selain itu, keduanya juga bekerja sama dalam memproduseri lagu tersebut. Bukan hanya Petra Sihombing, Gangga juga menggandeng Mohammed Kamga sebagai pengarah vokal (vocal director) dalam karya ini.

Menurut Gangga, di tengah usia bermusiknya yang masih belia, berkolaborasi dengan keduanya jadi kesempatan menarik. Kolaborasi apik ketiga musisi ini terefleksi dalam hasil akhir Whiskey Bottle.

"Ternyata gue bisa nyambung sama keduanya. Kolaborasinya asik, dan seru. Dari kolaborasi ini pun gue merasakan banyak pelajaran yang gue dapat dari Petra dan Kamga. Dan setelah gue dengar hasil akhirnya, gue merasa puas banget," imbuh Gangga.

Gangga menganggap bahwa lagu ini menjadi personal baginya. Hal ini tak terlepas dari latar belakang Whiskey Bottle yang berangkat dari pengalaman pribadi.

Gangga single Whiskey Bottle © 2021 Instagram

foto: Instagram/@ganggaksm

Cowok dengan 609 ribu pengikut di Instagram ini kerap menggunakan pengandaian dalam karya-karyanya. Begitu juga dengan Whiskey Bottle. Bagi Gangga, kata Whiskey jadi analogi tepat menceritakan proses kesedihan dan kerapuhan emosi yang ia rasakan.

Untuk karya terbarunya, Gangga menyungguhkan abstraksi kesedihan tentang memori dan patah hati dari sebotol whiskey untuk mendeskripsikan rasa yang ia miliki. Baginya, hal ini akan jadi lebih mudah dipahami oleh pendengar, apabila ia memberikan gambaran sebuah rasa melalui objek nyata di sekitar.

"Whiskey Bottle ini sesuatu yang tadinya gue anggap sebagai pemanis dalam pelarian semasa gue berproses, tapi pada akhirnya gue salah. Ternyata yang spesial itu bukan objeknya, tapi justru perempuan itu sendiri," tuturnya.

'It’s always you at the bottom of my whiskey bottle over and over again' —merupakan sepotong lirik istimewa yang menjadi sorotan. Sepotong lirik yang tertuang dengan manis, tetapi juga lirih pada waktu bersamaan.

"Perasaan itu yang gue rasain waktu nulis lirik, rasa yang kuat sama orang tersebut ternyata bisa mengalahkan hal-hal lain. I’ve traveled far, lagu ini adalah gue. Dan di lagu ini, ternyata yang gue temuin cuma ada dia," ujar Gangga.

Dengan warna musik yang cukup berbeda dari biasanya, lagu ini akan memberikan kehangatan dan kedekatan untuk para pendengarnya. Terutama mereka yang juga sedang melewati hal sama.

Selain warna musik yang berbeda, Gangga juga merilis single terbarunya dengan format baru yakni video visual dan video lirik di kanal YouTube pribadinya. Biar nggak penasaran, yuk simak lagu terbaru Gangga bertajuk Whiskey Bottle di bawah ini.