Brilio.net - Weekend kemarin sepertinya menjadi weekend yang paling dinikmati oleh pecinta musik Tanah Air. Gimana nggak? Pada tanggal 5 – 7 Oktober 2018 lalu, festival musik yang banyak ditunggu-tunggu hadir untuk menghibur penikmat musik Indonesia. Apa lagi kalau bukan Synchronize Festival?!

synchronizefest © 2018 brilio.net

Festival tahunan multigenre ini menyuguhkan pengalaman musik yang nggak perlu diragukan lagi. Apalagi, line up yang disuguhkan juga nggak main-main. Kurang lebih ada 114 musisi yang hadir memeriahkan acara ini. Mulai dari genre musik rock, jazz, folk, hiphop, rock & roll, hingga metal, semuanya ada.

synchronizefest © 2018 brilio.net

Ketika tim Brilio tiba di venue acara, orang-orang udah memadati beberapa panggung, khususnya di Lake Stage di mana band Sore menghibur penonton pada saat itu. Menyanyikan beberapa lagu termasuk Setengah Lima, Mata Berdebu hingga Ssst.., Sore berhasil menghipnotis penonton dengan lagu mendayunya. Lain halnya dengan The Upstairs yang tampil di Dynamic Stage. Semua penonton ikut joget bareng dengan musik-musik yang mereka mainkan, khususnya ketika Jimi Multazam menyanyikan lagu Matraman.

synchronizefest © 2018 brilio.net

Setelah asyik berdansa ria, saatnya kembali ke lagu syahdu, nih. Penampilan Danilla di panggung Syncrhonize Jumat lalu memang menyihir para penonton. Menyanyikan lagu Ada Disana, Kalapuna, Aaa, Usang, Ini dan Itu hingga Dari Sebuah Mimpi Buruk, suara mendayu Danilla memang pas dinikmati untuk cuaca malam hari.

“Terima kasih untuk semua yang sudah mendukung karya-karya saya,” ungkapnya di tengah-tengah penampilan.

Menjelang malam, panggung di mana musisi seperti Burgerkill, Payung Teduh, Dipha Barus, dan Sunmantra tampil masih dipadati penonton. Namun, panggung Dynamic Stage juga nggak kalah padat karena banyak orang yang menunggu penampilan Naif. Membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Piknik 72, Air & Api, Jikalau, Posesif hingga Mobil Balap, David dan kawan-kawan sukses bikin semua orang seru-seruan dan bernyanyi bersama. Seru banget deh pokoknya!

synchronizefest © 2018 brilio.net

Masuk hari kedua, band Feast udah mulai menghibur para penonton dengan musik rock ciamik mereka. Band pendatang baru ini baru aja mengeluarkan EP berjudul Beberapa Orang Memaafkan. Pada tahun lalu, album mereka berjudul Multiverses sempat menerima banyak pujian dari pencinta musik Tanah Air. Lagu-lagu mereka yang cenderung ‘berani’ dibawakan di Forest Stage sore itu. Lagu mereka yang lain seperti Peradaban, Padi Milik Rakyat, Kami Belum Tentu, Berita Kehilangan, Sectumsempra hingga Wives of Gojira juga sukses membuat penonton berteriak. Bahkan ada yang sampai crowd surfing, lho!

Penonton juga terlihat memadati panggung Sheila on 7 (So7) dan Project Pop. Orang-orang seakan bernostalgia bersama menyanyikan lagu-lagu mereka yang notabene hits pada tahun 90-an. Kalau kamu anak 90-an, puas banget deh bernyanyi pada hari kedua ini!

synchronizefest © 2018 brilio.net

Malam udah menunjukkan pukul 23.15 dan penampilan yang cukup langka dan ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Sang Raja Dangdut, Rhoma Irama, & Soneta membuka penampilan dengan alunan musik dangdut yang membuat para penonton bergoyang, seperti Terajana, Viva Dangdut, Begadang dan 135 juta. “Silahkan yuk kita main musik asal jangan saling mengusik,” ungkapnya.

Nah, giliran hari ketiga, penonton memadati panggung Dynamic Stage dan bernyanyi bersama dengan Jamrud dan Padi Reborn. Siapa yang nggak hafal dengan lagu-lagu mereka?

synchronizefest © 2018 brilio.net

Sampai di penghujung acara, band yang ditunggu-tunggu, Dewa 19 menyapa penonton. Ada yang spesial dari penampilan Dewa 19 kali iniNggak hanya menggaet Ari Lasso, mereka juga menghadirkan Once pada kesempatan itu. Penonton pun bernostalgia dengan lagu-lagu yang mereka bawakan, seperti Kangen, Roman Picisan, Air mata, Arjuna, Cinta ‘kan Membawamu Kembali, Kamu lah Satu-satunya, Cukup Siti Nurbaya hingga Satu Hati.

Band legendaris Indonesia itu menutup malam terakhir dengan menyanyikan lagu Separuh Nafas yang dibawakan bersama oleh Ari Lasso dan Once. Di akhir lagu, penonton dikejutkan oleh kembang api yang tiba-tiba muncul di pinggir panggung. Otomatis para penonton langsung bersorak sambil tetap menyanyikan lagu yang mereka bawakan. Keren banget!

Synchronize Festival 2018 tahun ini terbukti mampu memuaskan para penikmat musik Indonesia dengan line up beragam. Penonton seakan-akan nggak berhenti disuguhkan musik-musik keren dalam acara ini. Sampai bertemu di Synchronize tahun depan, Sobat Brilio!