Brilio.net - Tak terasa sudah lima hari umat muslim menjalankan ibadah puasa. Ramadhan 2020 memang terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat virus corona belum hilang dari Indonesia sejak Maret lalu. Masyarakat pun diminta untuk salat dan buka puasa di rumah masing-masing.

Kendati demikian, kekhidmatan bulan suci Ramadhan ini harus tetap terjaga. Ibadah dan amalan lainnya masih bisa dijalankan meskipun kamu di rumah aja. Biar semakin terasa suasana puasanya, kamu bisa memutar lagu religi bertema Ramadhan.

Seperti diketahui, Ramadhan tahun kemarin lagu dari Nisa Sabyan menjadi lagu populer dan paling banyak didengarkan selama bulan puasa. Nah, tapi sebenarnya nggak cuma lagu dari Sabyan Gambus saja yang terkenal selama bulan suci Ramadhan. Beberapa lagu ini juga sempat hits dan bikin kamu nostalgia.

Apa saja? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (28/4), berikut 8 lagu religi Ramadhan yang bikin kamu selalu rindu dengan bulan puasa.


1. Ramadhan Tiba - Opick.

Lagu religi yang dibawakan oleh Opick ini pasti sudah nggak asing lagi di telinga kamu. Lagu yang diciptakan untuk menyambut bulan Ramadhan ini rilis pada 2008 silam.


2. Marhaban ya Ramadhan - Haddad Alwi feat Anti.

Berikutnya ada Haddad Alwi, penyanyi religi yang karya musiknya tak perlu diragukan lagi. Karyanya dalam lagu bertema islami memang sudah dikenal sejak zaman album Cinta Rasul.

Pada tahun 2009 Haddad Alwi mengeluarkan 3 lagu hits yang salah satunya adalah Marhaban ya Ramadhan dengan menggandeng penyanyi cilik Anti.


3. Ramadhan Datang - Tompi.

Penyanyi solo bersuara unik, Tompi pernah membuat lagu religi berjudul Ramadhan Datang. Lagu yang rilis pada tahun 2010 ini menceritakan bagaimana orang-orang menyambut Ramadhan dengan ceria.


4. Deen Assalam - Sabyan Gambus.

Lagu hits yang dibawakan oleh Sabyan Gambus ini tentunya nggak asing lagi buat kamu. Hampir di seluruh pusat belanja seperti supermarket atau tempat umum lainnya kerap memutarkan lagu Deen Assalam.

Lagu yang dilantunkan dalam Bahasa Arab ini sebenarnya menceritakan tentang agama yang cinta akan perdamaian dan toleransi yang ada di masyarakat. Lagu ini rilis pada 2018.


5. Ya Romdhon - Sabyan Gambus.

Lagu Sabyan Gambus lainnya yang juga menjadi hits menjelang Ramadhan adalah Ya Romdhon. Lagu yang dirilis pada 2019 ini sudah didengarkan oleh lebih dari 2 juta orang. Seperti biasa, lagu yang diciptakan oleh Sabyan Gambus selalu disisipkan doa dalam liriknya.


6. Ramadhan - Maher Zain.

Lagu berikutnya datang dari penyanyi asal Swedia yang memiliki garis keturunan Lebanon, Maher Zain. Setelah lagunya yang berjudul 'Insya Allah' hits, di tahun 2013 Maher Zain membuat lagu berjudul 'Ramadhan'. Lagu tersebut menunjukkan rasa suka cita dalam menyambut bulan yang penuh berkah.


7. Ramadhan Yang Indah - Seventeen.

Single Ramadhan Yang Indah yang dipopulerkan oleh grup band Seventeen mungkin akan menjadi lagu yang dikenang tiap kali memasuki bulan suci Ramadhan. Lagu yang diciptakan oleh Joddie Rose (mantan gitaris Seventeen) ini rilis pada 2009.


8. Tombo Ati - Opick.

Lagu-lagu yang dipopulerkan oleh Opick memang sukses membuat hati tenang dan disukai oleh banyak orang. Salah satu lagu yang juga hits adalah Tombo Ati.

Lagu yang banyak dinikmati oleh orang-orang ini mempunyai lirik yang sangat dalam tentang 5 perkara yang dapat mengobati hati. Lagu ini juga dinyanyikan dalam dua versi, yakni bahasa Indonesia dan Jawa.