Brilio.net - Selain berharap lagu yang dinyanyikannya diterima dengan baik oleh publik, musisi pun menginginkan 'pengakuan' yang lebih baik dengan mendapatkan sebuah penghargaan. Entah menjadi yang terfavorit atau juga menjadi yang terbaik.

Tapi ternyata kabar bahagia seorang musisi yang berhasil memenangkan ajang penghargaan, tak semuanya diapresiasi dengan gembira, baik dari kalangan musisi, pemerhati musik atau juga masyarakat umum.

Beberapa musisi berikut ini pun pernah mengalaminya. Sebagian dari mereka bahkan ada yang disebut sebagai bahan lelucon karena mendapatkan penghargaan yang dirasa tak pantas untuknya.

Penasaran siapa saja? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (26/10), berikut deretan musisi yang pernah menuai kontroversi usai mendapatkan penghargaan.

1. Angel Pieters.

Loading...

musisi menang tuai kontroversi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@angelpieters

Kemenangan Angel Pieters di acara Indonesia Movie Awards 2015 untuk kategori Soundtrack Film Terfavorit menjadi kontroversi, lantaran namanya tak ada dalam daftar nominasi yang sudah tersebar, tapi justru mendapat piala. Dan sebuah poster baru menuliskan nama Angel meski hanya berupa tempelan menjelang penyelenggaraan.

Tentu saja, hal ini membuat para nominator seperti Glenn Fredly, Anggun C Sasmi, dan Pongki Barata meradang. Namun menurut pihak RCTI sebagai penyelenggara, menjawab jika hal tersebut akibat kesalahan teknis yang menyebabkan nama Angel tidak terprint dalam poster yang beredar.

2. Aliando.

musisi menang tuai kontroversi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@aliandooo

Meraih penghargaan dalam ajang inBox Awards 2016, Aliando Syarief justru tuai kontroversi. Pasalnya kemenangannya berhasil menyingkirkan penyanyi-penyanyi besar seperti Afgan, Cakra Khan, Rizky Febian, dan Virzha dinilai tidak layak. Karena beberapa orang justru tidak tahu jika Aliando pernah merilis lagu.

3. Cita Citata.

musisi menang tuai kontroversi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@cita_citata

Dapat penghargaan di Indonesia Dangdut Awards (IDA) 2015 sebagai Penyanyi Solo Terpopuler dan lagu 'Goyang Dumang' sebagai Lagu Dangdut Terpopuler, Cita Citata pun menuai berbagai komentar. Dari yang bernada positif hingga kritik pedas.

4. Prilly Latuconsina.

musisi menang tuai kontroversi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@prillylatuconsina96

Kabar kemenangan Prilly Latuconsina di ajang Inbox Awards 2015 pun menuai banyak kontroversi. Berhasil menyingkirkan nama-nama beken seperti Raisa, Fatin Shidqia Lubis hingga Syahrini, banyak pemerhati musik justru menganggap jika kemenangan Prilly hanya hasil settingan saja.

5. Bobby McFerrin.

Bobby McFerrin © 2016 brilio.net

foto: bobbymcferrin.com

Mengalahkan Michael Jackson Grammy Awards di tahun 1980an, kemenangan yang didapat Bobby McFerrin justru menuai polemik.

Pemerhati musik saat itu menuding panitia ajang bergengsi tersebut melakukan kesalahan dengan tidak menyebut nama Michael Jackson sebagai pemenangnya. Padahal, Michael Jackson dengan Man in the Mirror dianggap sebagai salah satu lagu legendaris.

6. Will Smith.

musisi menang tuai kontroversi © 2016 brilio.net

foto: urbansplatter.com

Tahun 1989, Will Smith tercatat sebagai pemenang Grammy Awards untuk Best Rap Performance. Padahal, Big Daddy, LL Cool J dan Cool James, yang merupakan rapper 'sesungguhnya' tak bisa meraih piala itu. Tentu saja kemenangannya itu juga langsung menuai kontroversi.

7. Eric Clapton.

musisi menang tuai kontroversi © 2016 brilio.net

foto: allmusic.com

Ajang bergengsi Grammy Awards, pada tahun 1993 silam menuai perdebatan saat Eric Clapton dengan lagu 'Layla' versi akustiknya justru berhasil membawa pulang piala pada kategori Best Song Rock di Grammy Awards.