Brilio.net - Kamu pasti nggak asing dengan caption-caption yang kerap beredar di media sosial yang diunggah, lalu diberi nama seseorang bukan? Nah, Ario Kiswinar baru saja mengkritisi tentang kebiasaan pengguna media sosial yang kurang bijak, karena kerap menyantumkan namanya di caption yang belum tentu keluar dari mulutnya sendiri.

Di Instagram pribadinya, Kiswinar mengunggah fotonya dengan tulisan jelas dalam foto tersebut yang berbunyi: Kalau memang saya yang tulis, saya akan taruh nama saya. Kiswinar juga memberikan namanya di foto tersebut. Tentu saja, kalimat Kiswinar tersebut dianggap banyak netizen menyindir Mario Teguh.

Berikut ini selengkapnya postingan Kiswinar seperti dilansir brilio.net dari akun media sosial pribadinya, Senin (24/10):

Kiswinar sindir Mario Teguh © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@Kiswinar

Loading...

"Pengalaman bertahun-tahun saya di seni rupa telah mengajarkan banyak hal dan nilai. Salah satu nilai yang paling penting yang saya ingat adalah penghargaan terhadap hasil karya individu.

Pemberian inisial atau tandatangan pada karya menunjukkan bahwa itu adalah karya miliknya. Sehingga pertanggungjawaban atas karya itu ada pada senimannya, dan juga segala hak untuk diapresiasi oleh publik.

Pemberian tanda pada karya juga dimaksudkan juga untuk mencegah orang lain mengakui sebuah karya sebagai karya buatannya. Di masa sekarang ini, hal tersebut biasa dilakukan dengan memasukkan watermark atau logo untuk mencegah plagiasi.

Bahkan di dunia akademisi, penyantuman sumber pun amat sangat penting. Makanya di penulisan akademis kita mengenal catatan kaki dan daftar pustaka. Itu tidak lain untuk menunjukkan bahwa itu adalah kutipan dari tulisan yang dirujuk untuk melengkapi bagian dari makalah yang dibuat.

Maka dari itu, penting kiranya bagi kita untuk mencantumkan sumber ketika kita hendak mengutip, memuat, atau menyebarluaskan sesuatu yang bukan milik kita. Sesederhana kita menghormati kerja keras dari orang yang membuatnya.

Maka dari itu, kalau memang itu adalah hasil karya dari saya, saya pasti cantumkan nama saya sendiri, dan saya tidak mau bertindak lancang dengan menaruh nama saya di karya orang lain. Selamat mengutip dengan bijak! :) #KaryaSendiri #TulisNamaSendiri #PlagiasiItuBasi."

Menanggapi postingan Kiswinar tersebut, netizen berkomentar beragam. Ada yang setuju dengan pendapat Kiswinar yang memang benar adanya. Tapi, ada juga yang beranggapan Kiswinar menyindir Mario Teguh yang kerap memberikan namanya di setiap kata-kata super yang diunggah Mario di media sosial. Tapi, ada juga yang beranggapan kalau Kiswinar cuma cari perhatian.

"Betul mas kis," komentar singkat akun Adelia_pristica_cindy.

"Betul bgt mas kiswinar. Harus karya sendiri. No plagiat. Karya itu mahal. Jgn tempel nama kita di atas karya org lain," komentar akun Bubble_sweetpc.

"Tiap hari bikin onar, caperrrrr!" komentar akun Debbyby_debby11_.

"Subhanallah ini orang. Kok nyindir2 sih. Klo emg kmu ngerasa MT bpk mu asli. Jgn disindir mas. Kasihanilah dan berdoa smoga MT mendpt ganjarannya. Biar si MT yg nanggung dosa krna tidk mengakui mas. sdgkn Mas hrus ttp menunjukan krya2 mas. Jgn malah sindir2 begini," komentar akun Asyarisyari.

Entah Kiswinar berniat menyindir Mario Teguh atau tidak, tapi yang disampaikan Kiswinar itu benar adanya. Bahwa plagiarisme memang sangat merugikan orang lain dan merupakan tindakan tidak terpuji. Kalau menurutmu bagaimana, guys?