1. Akan diikuti oleh ribuan perusahaan dan stan produk.

Jakarta Fair 2023 bertabur band papan atas Tanah Air © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.500 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.500 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan diskon khas Jakarta Fair. Para peserta berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, usaha kecil, BUMN, serta anjungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dari berbagai penjuru tanah air. 

Dengan komposisi persentase peserta yakni 60 persen dari sektor swasta dan 40 persen dari sektor UMKM. Penyelenggaraan tahun ini juga melibatkan para pengusaha kecil, mikro, dan koperasi dari berbagai provinsi di Indonesia yang akan menempati Hall-B3 dan Hall-C3 serta tersebar di berbagai titik di seluruh penjuru arena pameran.

2. Pameran produk yang bervariasi dan terdapat pameran budaya.

Jakarta Fair 2023 bertabur band papan atas Tanah Air © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

Para peserta Jakarta Fair Kemayoran 2023 akan memamerkan produk dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, teknologi informasi, komputer, alat olah raga, fashion and garment, peralatan rumah tangga, furniture, barang-barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal & medicine, perbankan, produk jasa, hingga kosmetik.

Panitia Jakarta Fair juga mendedikasikan area khusus untuk Kampung Betawi sebagai ajang pertunjukan berbagai seni-budaya lokal dan juga pameran berbagai kerajinan khas Betawi.

3. Jadi wisata kuliner dan hiburan masyarakat.

Jakarta Fair 2023 bertabur band papan atas Tanah Air © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

Area kuliner dapat ditemui di Food Court Hall E, area Pasar Malam terletak di dekat pintu masuk i yang mengusung konsep pasar malam modern dengan berisikan beraneka macam sajian kuliner lokal dan mancanegara.

Selain itu juga ada area kuliner yang menyajikan berbagai macam kuliner khas nusantara yang berlokasi di Area Belakang Hall D. Panitia penyelenggara juga menyajikan berbagai acara menarik seperti parade karnaval, wahana permainan anak, kontes Miss Jakarta Fair, serta pesta kembang api yang menjadi ciri khas event ini.

4. Ada panggung hiburan yang bertabur grup musik papan atas Tanah Air.

Jakarta Fair 2023 bertabur band papan atas Tanah Air © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

Pada tahun ini, konser musik Jakarta Fair akan digelar rutin selama 32 hari kecuali pada saat malam takbiran Idul Adha (28 Juni). Salah satu keunikan konser musik Jakarta Fair yakni menampilkan sajian musik lintas genre, mulai dari Rock, Pop, Jazz, Balad, Dangdut, Koplo, Reggae, Alternative, hingga musik punk.

Vokalis band D,Masiv, Rian Ekky Pradipta juga membagikan pengalamannya menjadi salah satu pengisi acara di pameran Jakarta Fair 2023. Ia merasa senang dapat berkesempatan menghibur masyarakat di gelaran tersebut.

"Jakarta Fair mungkin sudah jadi lifestyle-nya anak-anak Jakarta, ya. Dulu karena gue tinggal di Ciledug, gue cuma bisa di rumah aja. Tapi ketika gue punya band dan bisa manggung di sini (Jakarta Fair) itu senang banget," ujar Rian saat konferensi pers Jakarta Fair 2023, Rabu (7/6).

Sejumlah band dan musisi top papan atas Indonesia dijadwalkan akan tampil di Konser Musik Jakarta Fair 2023 di antaranya adalah Slank, Padi Reborn, D'Masiv, Fourtwnty, Tipe-X, Armada, Kangen Band, Fiersa Besari, Maliq n D'Essentials, Tony Q, Rizky Febian, Raisa, The Sigit dan masih banyak musisi top lainnya yang akan tampil di panggung konser musik Jakarta Fair 2023.