Brilio.net - Synchronize Fest 2023 menjadi salah satu ajang musik yang ditunggu-tunggu fans setiap tahunnya. Untuk 2023, festival ini akan dilaksanakan pada 1, 2, 3 September 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta – Indonesia. Untuk urusan visual, dua seniman yang berbeda karakter didapuk jadi aktornya. Mereka adalah Sicovecas dan Mahdi Albart. Mereka akan berkolaborasi bersama untuk merayakan tema “Bhinneka Tunggal Musik" pada tahun ini.

fff fff

foto: Synchronize Fest 2023

Sicovecas sendiri seniman asal Yogyakarta dengan pendekatan sustainability, praktik sebagai seniman muralis dan grafitti, serta kota sebagai ruang bermainnya. Pola abstrak mencerminkan gerak dan energi melalui warna-warna yang tumpang tindih, dekonstruksi objek atau gambar menjadi bagian dalam praktik Sicovecas mengolah audiens berpikir dengan bagasinya masing - masing. Hasil karya Sicovecas masuk dengan sangat energetik dan menjawab bahasa visual yang ingin dibicarakan sebagai bagian otentik dan aktual.

Sedangkan Mahdi Albart artis visual asal Bogor yang bermain dengan bentuk-bentuk imajinatif, objek keseharian yang digerakkan, komikal dengan pendekatan warna-warna cerah dengan situasi yang beragam ruangnya. Gaya ilustrasi 80-an- 90an menarik untuk disimak, bagaimana tawaran tekstur pada imaji yang diciptakan sebagai bagian dari siklus tren visual yang terus berputar dan masih bisa di daur ulang gagasannya, kadang memancing kita untuk menambah imajinasi liar untuk yang melihatnya.

fff fff

foto: Synchronize Fest 2023

Karya dari kedua seniman Sicovecas dan Mahdi Albart secara resmi diumumkan melalui akun Instagram resmi @synchronizefest yang digarap oleh seniman kolase Moses Sihombing dengan metode video stop motion, serta proses pembuatan manual dan analog yang imajinatif.

Tema “Bhinneka Tunggal Musik” yang diusung Synchronize Fest tahun ini menjadi pemaknaan kolaboratif betapa apapun jenis musik dan perbedaan latar belakang dan identitas, semua tergabung menjadi satu atas nama musik.