Brilio.net - Postur tubuh kamu tidak hanya bisa merusak kesehatan fisik, namun juga menghasilkan beberapa efek positif dan negatif pada tubuh. Tubuh dan otak seharusnya berintegrasi dalam satu cara; kalau kamu berpikir negatif, maka kamu akan merasakan segala hal di sekitarmu menjadi negatif, begitu pula sebaliknya dong.

Ingin tahu lebih lanjut apa kata postur tubuh kamu sehari-hari? Mari cek, ya.

- Postur tubuh tegak

Waspadalah, postur tubuh mempengaruhi kondisi mental kamu

Erik Peper, seorang Profesor Pendidikan Kesehatan di San Francisco State University melakukan penelitian tentang efek sikap tubuh yang buruk pada kesehatan mental pada murid-muridnya. Dia menemukan bahwa postur tubuh tegak dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan energi tersendiri. "Jika kamu meningkatkan aktivitas fisik dalam kehidupan, kadar energimu juga meningkat, begitu pula kualitas hidup," ungkapnya, seperti dilansir brilio.net dari FableFeed, Sabtu (4/7).

Loading...

Tak hanya itu, dia juga menyatakan bahwa duduk tegak dapat membantu mempertahankan kenangan dan pikiran tentang pendekatan positif kehidupan. Postur juga mencerminkan sikapmu terhadap apa pun. Dalam penelitian ini cenderung dikondisikan untuk suasana kuliah. Jadi, postur tubuh kamu saat mengikuti kuliah akan menunjukkan tingkat perhatian dan motivasi.

- Postur tubuh merosot atau membungkuk

Waspadalah, postur tubuh mempengaruhi kondisi mental kamu

Di sisi lain, manakala Peper mengamati mahasiswanya yang biasanya duduk merosot atau membungkuk ke depan atau bahkan ke belakang, dia menemukan bahwa tingkat depresi dan kecemasannya jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan mahasiswa yang duduk dengan postur tubuh benar.

Selanjutnya, siswa yang suka berjalan perlahan dengan postur yang merosot atau membungkuk, juga memiliki sedikit energi dan motivasi dalam menangani stres ujian.

Nah, guys, jangan main-main sama postur tubuhmu, ya. Tegakkan badan dan selalu semangat!

BACA JUGA:

Hendak tilang pengendara tanpa surat tugas, polisi ini malu sendiri

15 Potret kebaikan polisi yang sering kamu lupakan

VIDEO: Momen tilang polisi yang memiliki surat tugas

Polisi Belanda selalu bawa boneka Teddy Bear saat patroli, mengapa?

Bukanya patroli, motor polisi ini digunakan pelajar ke sekolah

Tak ditangkap, pencuri ini justru diberi banyak makanan oleh polisi

Bikin jera, polisi paksa pemilik sepeda motor dengerin suara knalpot

Tolak menilang, polisi ini malah minta 'damai' dengan sebungkus rokok