Brilio.net - Tindakan oknum polisi untuk melakukan razia bodong, alias razia tanpa mengantongi izin, tampaknya semakin mendapat perlawanan dari masyarakat. Pasalnya, masyarakat kini semakin mengerti hukum sehingga berani melawan tindakan oknum yang tak bertanggung jawab tersebut.

Kejadian yang dialami oleh seorang pengendara motor bernama Reza Adit Pratama, misalnya. Keberaniannya menanyakan surat tugas kepada polisi yang sedang melakukan razia, justru membuatnya lolos dari operasi. Sebab, ternyata razia yang menghentikan laju kendaraannya tersebut merupakan razia bodong, alias tak berizin.

Adit menceritakan, kejadian tersebut dialaminya pada Jumat (26/6) saat dirinya hendak pulang ke Bandung dari Cirebon. Dengan mengendarai CB tuanya, Adit terpaksa berhenti setelah di jalan yang dilewatinya, Sunyaragi, Cirebon ada sekelompok polisi dan Dishub berseragam lengkap yang mengadakan operasi gabungan.

"Saya distop dan diminta menunjukan surat-surat kendaraan saya. Namun sebelum ngasih, saya balik minta mereka tunjukan surat perintah/surat tugas operasi," kata Adit kepada brilio.net, Selasa (30/6).

Namun yang terjadi setelah Adit meminta ditunjukkan surat tugas razia sungguhlah aneh, bukannya menunjukkan surat yang diminta, polisi yang menilangnya justru berdalih dengan nada yang keras dan membentak. "Saya nggak mau kalah, saya tetap minta surat perintah oprasinya," imbuh Adit.

Loading...

TRENDING:

Ingat 'Si Kentung' film Tuyul & Mbak Yul? Kisahnya sungguh tragis

Kisah Titin Sumarni, artis tercantik yang berakhir menyedihkan

HOT NEWS:

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

Mengetahui tindakan ngeyelnya, akhirnya polisi yang menghentikan Adit ini konsultasi dengan polisi lain, yang mungkin atasanya. Lebih aneh lagi, polisi justru mencatat adanya pelanggaran yang dilakukan Adit.

Dongkol dengan tindakan semena-mena polisi yang menilangnya, Adit pun menanyakan kesatuan polisi yang menilangnya tanpa sebab itu. "Saya dari Polresta, kalo kurang puas silakan datang ke Polresta, motor kamu saya tahan," jawab polisi tersebut kepada Adit.

Adit pun semakin dongkol dan menyatakan dirinya tidak terima dengan tindakan polisi yang akan menyita motornya. "Kamu ini bukan atasan saya, kamu juga bukan provost," kata polisi yang kemudian pergi meninggalkan Adit tanpa ditilang. Ini menujukkan bahwa oknum polisi dan dishub yang mengadakan razia tadi tidak mengantongi izin sehingga tidak dapat menunjukkan surat tugas razia.

Harusnya, surat tugas razia boleh diminta oleh pengendara yang ingin melihatnya, saat pengendara ragu dengan oprasi yang dilakukan. Adit berharap polisi bisa benar-benar menjadi mitra masyarakat yang profesional dan tidak melakukan pungli atau razia ilegal.

BACA JUGA:

Misteri tempat yang ditunjuk Patung Pancoran

Innalillahi, ibu dan anak meninggal dalam waktu bersamaan

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

VIDEO: Misteri lubang pemakan belasan pohon hanya dalam 30 detik

9 Penjelasan unik tentang mimpi yang pernah kamu alami selama tidur

Santap makanan ini sebelum tidur dipercaya bisa merangsang mimpi indah

Karya-karya luar biasa ini dibuat terilhami mimpi

Bikin anak didik enjoy belajar? Lihat cara Komunitas Saung Mimpi ini