Brilio.net - Motor dan mobil dinas seharusnya digunakan untuk kepentingan melayani publik, pasalnya mobil dinas dibeli dari uang rakyat melalui APBD maupun APBN. Sehingga, tidak patut rasanya jika kendaraan dinas digunakan untuk kepentingan pribadi.

Apalagi, para pegawai negeri juga sudah mengetahui adanya PP Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil, yang di antaranya mengatur agar pegawai negeri, tak terkecuali polisi, untuk tanggap terhadap keadaan lingkungan masyarakat. Jika saja hal tersebut dilaksanakan, pastilah para penyelenggara negara dan pegawainya akan malu untuk menggunakan fasilitas negara bagi kepentingan pribadi.

Namun foto yang berhasil diabadikan oleh Agus Ghunthank, ini, nampaknya berbeda dengan seharusnya. Tepatnya di lampu merah Alam Sutera BSD menuju arah Serpong, terlihat sebuah motor polisi yang dipakai oleh seorang pelajar sekolah. "Kejadianya tadi pagi, kurang lebih pukul 09.45 WIB," kata Agus kepada brilio.net, Selasa (9/6).

Bukanya patroli, motor polisi ini digunakan pelajar ke sekolah

Publik menduga kuat bahwa pelajar yang mengendarai kendaran polisi 121336-VII tersebut, merupakan anak dari seorang polisi. Meski demikian, tetap saja penggunaan motor dinas ini tidak dibenarkan. Wajar saja, jika foto yang diunggah oleh Agus menuai kemarahan banyak pengguna media sosial.

Loading...

Akun bernama @Alva Vai misalnya, ia berkomentar pedas terkait penggunaan fasilitas negara tersebut. "Woooyyy motor negara tuhh... Fungsinya untuk sarana tugas negara!!!! Bukan untuk kendarran anakmu sekolah!!!!," umpatnya.

Komentar sinis disampaikan pemilik akun bernama @Rizal Katoh. "Jgn lupa bro, ini Indonesia tidak ada yg tidak mungkin," tulis Rizal.

Meski melanggar, tampak hal tersebut bukanlah peristiwa aneh. Pasalnya, di Indonesia, hal tersebut banyak sekali terjadi. Banyak kendaraan yang harusnya digunakan untuk melayani masyarakat, digunakan untuk kepentingan pribadi.

BACA JUGA:

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Tumbuhan penolong pendaki gunung jika kehabisan bekal

Mendengarkan musik atau nonton tv membuat kualitas tidur buruk

Pemuda 21 tahun ini ciptakan aplikasi terlengkap untuk terapi autis

Kebelet pipis ternyata ada hubungannya dengan kepintaran seseorang