×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tumbuhan penolong pendaki gunung, solusi jika kehabisan makanan

View Image

0

BRILIO » News

Tumbuhan penolong pendaki gunung, solusi jika kehabisan makanan

Tumbuhan ini punya beberapa nama di berbagai daerah di Indonesia seperti Manis Rejo (Jawa), Cantigi (Sunda), Delima Montak (Kalimantan Timur).

23 / 05 / 2015

Brilio.net - Pernah dengar pohon cantigi gunung? Pohon serba guna ini masih asing di telinga orang awam. Namanya kalah populer dibanding pohon edelweiss yang juga sering ditemukan di pegunungan. Tapi bagi anak gunung atau mahasiswa pecinta alam (Mapala) yang suka naik gunung, harusnya tidak asing dengan nama pohon ini.

Seorang pendaki gunung dan juga anggota Mapala Universitas Gadjah Mada (UGM), Zufar (24) mengatakan, pohon bernama latin Vaccinium varingiaefolium memiliki beberapa manfaat yang bisa dijadikan penolong bila seorang pendaki kehabisan bekal makanan. "Yang jelas buahnya bisa dimakan, buahnya warnanya hitam dan rasanya manis agak ada pahitnya. Daunnya juga bisa dimakan," ujar Zufar kepada brilio.net, Jumat (22/5).

Dia juga menambahkan bahwa pohon cantigi ini bisa tumbuh di seluruh gunung di Indonesia. "Bukan hanya di gunung saja, bahkan di gurun juga bisa. Pohon ini pohon kebal, bisa tumbuh di tempat bersuhu ekstrim. Cantigi juga kebal terhadap asap belerang dan racun-racun vulkanik. Satu fungsinya lain adalah bisa sebagai alat pegangan bila pendaki terperosok," tambahnya.

Sementara dari hasil penelitian, tumbuhan yang punya beberapa nama di berbagai daerah di Indonesia seperti Manis Rejo (Jawa), Cantigi (Sunda), Delima Montak (Kalimantan Timur) ini juga bisa menjadi obat demam.

Tumbuhan penolong pendaki gunung, solusi jika kehabisan makanan

Loading...





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more