Brilio.net - Pernahkah kamu bandingkan warna bajumu saat basah dan kering? Bila dibandingkan, warna baju saat basah akan terlihat lebih gelap daripada saat dia kering. Ya kan?

Tapi tahukah kamu apa yang membuat warna kain seketika berubah saat basah? Apakah itu ada hubungannya dengan jenis kainnya atau malah ada hubungannya dengan penglihatan kita?

Di bawah ini ada video yang menjelaskan tentang bagaimana baju basah dapat terlihat lebih gelap dari biasanya. Dalam video yang disadur dari akun YouTube scishow, Selasa (16/6), diceritakan bahwa peristiwa terkait perubahan warna saat ada kain basah ini berhubungan dengan bagaimana mata kita menerima pantulan cahaya yang ada.

Saat kain dalam keadaan kering, kain tersebut menyerap cahaya yang ada sekaligus memantulkan sebagian cahaya yang mengenainya pada mata kita, itulah sebabnya kita dapat melihat warna asli dari kain tersebut. Sementara saat kain itu terkena air, otomatis cairan tadi akan melapisi kain yang nantinya akan menerima cahaya lebih dulu dibandingkan permukaan kain.

Saat air tersebut melapisi permukaan kain, ada sebagian cahaya yang dipantulkan oleh permukaan air sementara sebagian lain diteruskan dalam permukaan air tersebut. Sebagian cahaya yang diteruskan tadi kemudian akan diserap oleh permukaan air dan sebagian lagi memantul kembali sampai akhirnya lagi-lagi dipantulkan oleh permukaan air dan kembali pada permukaan kain. Inilah yang membuat cahaya yang diserap oleh kain lebih banyak dan membuatnya terlihat lebih gelap.

Loading...

Masih belum paham? Coba lihat video di bawah ini dulu deh.

TRENDING: 

Sebenarnya siapa sosok pria dalam bungkus rokok?

Ini ciri-ciri razia lalu lintas oleh polisi yang sah dan legal

Heboh telur goreng berdarah setelah diperdengarkan bacaan Ruqyah

Kisah Titin Sumarni, artis tercantik yang berakhir menyedihkan

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

BERITA TERKAIT SOAL TIDUR DAN KESEHATAN KAMU:

5 Alasan kenapa kurang tidur bisa merusak hubungan pacaran kamu!

Pria & wanita memiliki cara tidur yang berbeda, berikut penjelasannya

Ini hubungan olahraga dan tidur yang tidak boleh kamu abaikan

Mengenal jenis-jenis tidur dan risikonya

Hati-hati, susah tidur bisa picu kerusakan otakmu

6 Alasan kamu harus selalu merapikan tempat tidurmu sendiri

Pengen cepet tidur? Kamu harus belajar teknik pernapasan 4-7-8

Nggak perlu lama-lama, tidur siang yang baik itu cukup 30 menit saja