Brilio.net - Kamu tahu cengkeh kan, guys? Salah satu jenis rempah-rempah ini ternyata tersohor ke segala penjuru dunia. Negara kita sendiri dinyatakan sebagai penghasil cengkeh terbesar dunia menurut Ketua ASEAN Clove Spice Association I Ketut Budhyman pada akhir tahun 2014 lalu.

Alasan menjadi incaran banyak orang, karena cengkeh memiliki banyak khasiat, salah satunya mengatasi nyeri sakit gigi untuk pertolongan sementara. Mau tahu bagaimana caranya?

Dilansir brilio.net dari Instructables, Jumat (11/9), cara mengatasi nyeri sakit gigi menggunakan minyak cengkeh buatan sendiri. Cekidot!

1. Tumbuk cengkeh

Tips bikin minyak cengkeh untuk atasi sakit gigi

Loading...

Ambil cengkeh secukupnya kemudian tumbuk sampai menjadi remah-remah kasar.

2. Bungkus cengkeh

Tips bikin minyak cengkeh untuk atasi sakit gigi

Persiapkan kain perban, potong persegi kecil. Letakkan serbuk cengkeh di atasnya kemudian bungkus dan ikat menggunakan seutas tali.

Opsi kedua, kamu juga bisa lho, langsung meletakkan beberapa cengkeh langsung di atas kain perban tanpa perlu menumbuknya.

3. Masukkan ke dalam minyak dan rebus cengkeh

Tips bikin minyak cengkeh untuk atasi sakit gigi

Selesai membungkus cengkeh, masukkan ke dalam gelas kaca berisi minyak dan tutup rapat. Lantas rebuslah selama 30-50 menit. Selesai itu, dinginkan.

4. Diamkah hasil olahan dan gunakan setelahnya

Tips bikin minyak cengkeh untuk atasi sakit gigi

Selesai direbus, diamkan minyak cengkeh yang telah kamu buat selama 1-2 minggu untuk memaksimalkan khasiatnya.

Baru setelah itu, kamu bisa menggunakannya setiap kali merasakan nyeri sakit gigi dengan meneteskan minyak ke gulungan kecil kapas kemudian letakkan di gigi yang sakit.

Pastikan saat menggunakan kapas yang telah terkena minyak cengkeh ini, kamu tidak langsung memuntahkannya. Pasalnya, sensasi rasa cengkeh ini memang pahit dan kesemutan di lidah dan gusi. Tunggulah beberapa menit sebelum mencuci mulutmu dengan air.

Efek analgesik (obat untuk meredakan rasa nyeri tanpa mengakibatkan hilangnya kesadaran) dari minyak cengkeh idealnya bertahan selama beberapa jam dan rasa pahitnya bisa mereda di bawah sepuluh menit.

Bagaimana guys, siap mempraktikkan? Tapi kamu juga wajib periksa ke dokter gigi, lho. Ramuan ini sebatas membantumu untuk meredakan nyeri sakit gigi yang bisa saja kerap menghampirimu selama sakit. Jaga kesehatan gigimu, ya!