Brilio.net - Berinvestasi sedari muda? Kenapa nggak? Masa-masa muda yang belum banyak memiliki tanggungan dan beban adalah masa terbaik untuk "coba-coba". Kawula muda biasanya memiliki rasa penasaran dan tinggi dan tertarik mencoba hal baru. Lalu bagaimana dengan investasi? Berinvestasi sejak masih mahasiswa bisa banget kok, selama ada kesadaran dan kemauan.

Menurut Abdul Qoyum, dosen keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, anak muda saat ini masih sangat kecil kesadarannya akan pentingnya investasi. "Anak muda zaman sekarang lahir di zaman hedonis, sehingga mereka lebih senang konsumtif," terang Qoyum, Rabu (9/9). Namun, bukan berarti semua anak muda begitu ya guys.

Nah, buat kamu yang masih sekolah atau masih kuliah dan mau berinvestasi cobalah jenis investasi deposito atau reksadana. Kenapa Qoyum menyarankan dua jenis investasi tersebut? "Yang menjadi pertimbangan utama adalah modal awal dan risiko. Kedua jenis investasi ini tidak mengharuskan modal besar serta memiliki risiko yang kecil," tuturnya.

Cara agar kita bisa berinvestasi sedini mungkin adalah dengan pintar-pintar menyisihkan uang saku atau uang kiriman dari orangtua. "Yang paling penting adalah sadar dan paham dulu bagaimana pentingnya berinvestasi sejak dini," tutup Abdul Qoyum.

Nah guys, jadi nggak usah tunggu "nanti" buat berinvestasi ya.