Brilio.net - Duduk di depan, tengah atau belakang di kelas memang menjadi pilihan. Hal itu mungkin sering dianggap sepele oleh sebagian dari kita. Ya nggak?

Jargon 'posisi menentukan prestasi' pasti sudah akrab di telinga kita, terutama menjelang ujian. Tapi ternyata Pusat Pendidikan dan Latihan di Western New England University, Chris Hakala, memaparkan bahwa posisi tempat duduk yang kita pilih di kelas mempengaruhi bagaimana guru atau dosen memandang dan menerima kita.

Menurut Chris, meskipun pilihan tempat duduk di depan kelas mungkin meningkatkan ikatan kita dengan guru dan dosen. Namun ternyata pilihan itu tidak serta merta membuat nilai kita bagus.

"Dalam kelas yang lebih besar, para mahasiswa yang duduk di depan memang cenderung lebih pintar. Bagaimanapun juga, menyuruh siswa yang tidak pintar untuk duduk di depan kelas juga tidak akan terlalu membantu," kata Chris seperti dilansir dari USA Today beberapa waktu lalu.

Nah, dari posisi-posisi tempat duduk itu sendiri, ternyata juga melambangkan karakter masing-masing orang. Penasaran kan? Cekidot dulu deh!

Loading...

1. Tempat duduk depan

Wilayah ini bisa dibilang tempat siswa yang jago berstrategi. Ada dua ahli strategi di posisi ini. Pertama, strategi untuk kebaikan.

Mereka ini tampil jadi siswa yang selalu ingin fokus belajar. Mereka biasanya akrab dengan guru, sering berkomunikasi dengan guru, bahkan nggak jarang jadi 'asisten pribadi' yang kerap membantu guru. Berharap nilai bagus, bisa jadi salah satu tujuan mereka.

Kedua, ahli strategi yang menganut prinsip tempat berbahaya adalah tempat teraman. Nah, penganut prinsip ini adalah siswa yang sebenarnya malas belajar, tapi biar nggak ketahuan makanya merka duduk di depan. Maklum guru-guru lebih 'awas' matanya merhatiin siswa yang duduk di belakang. Ya nggak?

2. Tempat duduk tengah

Karakter penghuni wilayah tengah ini adalah sosok yang santai dan mencari aman dari 'ancaman', seperti maju ke depan kelas untuk mengerjakan soal yang diberikan guru. Mereka bisa ribut di suatu kesempatan, bisa juga sangat diam di situasi lainnya.

Bisa dibilang para penghuni 'tengah' ini diisi oleh siswa yang nggak pengen terlihat menonjol. Biasanya, karakter mereka lebih santai dibanding mereka yang duduk di depan. Nggak jarang, penghuni tengah ini sebeneranya pusat dari segala 'keributan' yang terjadi di dalam kelas.

TRENDING NEWS:

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

Menyeramkan, pulau misterius ini membunuh siapa saja yang datang

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

Kontroversi surat terbuka Anggun C Sasmi ke Presiden Jokowi

3. Tempat duduk belakang

Cap yang udah kadung nempel di siswa yang duduk di belakang adalah pembuat onar, kegaduhan, perkumpulan penghuni kelas yang doyan main saat jam pelajaran. Hal ini bisa jadi karena penghuni bangku belakang jauh dari pengawasan guru di kelas. Padahal pada kenyataannya, penghuni belakang ini malah kerap mendapat perhatian para guru.

Jangan anggap mereka bodoh, para siswa yang menduduki bangku belakang ini justru terkenal lebih kreatif. Karena guru killer biasanya mengawasi mereka sangat sering. Warga belakang juga semakin kreatif mencari strategi agar 'kegiatan' mereka di belakang nggak tercium guru di depan kelas.

Jadi kamu masuk di kategori mana nih guys? Ya terlepas dari itu semua, sebenarnya yang lebih penting adalah semangat untuk belajarnya kan? So, tetaplah berprestasi dan disayangi oleh para guru!

BACA JUGA:

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?