Brilio.net - Jarang sekali kita menyebutkan bahwa matematika merupakan pelajaran favorit. Mata pelajaran ini bagaikan Dementor dalam serial Harry Potter. Tidak hanya membuat takut, tetapi juga membuat stres. Image mengerikan dari matematika tidak hanya dialami beberapa orang, tetapi banyak juga dirasakan oleh banyak orang di belahan dunia lainnya.

Untuk mencoba menjawab pertanyaan ini, seorang psikolog telah melakukan risetnya sebagaimana dikutip brilio.net dari BBC, Sabtu (27/6). Dalam penelitiannya, sang psikolog memberikan kuesioner untuk mengetahui sejauh mana rasa cemas dan ketakutan mereka mulai dari membuka buku matematika hingga mengerjakan ujiannya.

Dalam temuannya, riset tersebut menunjukkan bahwa matematika tidak memberikan efek negatif. Akan tetapi, pelajaran matematika bisa meningkatkan hormon stres, cortisol. Hormon ini berfungsi untuk "bertarung". Itulah kenapa kita sering cemas saat mengerjakan soal matematika.

Di sisi lain, dibandingkan dengan pelajaran matematika, ternyata pelajaran geografi tidak bisa meningkatkan hormon stres. Bahkan efek dari pelajaran matematika ini bisa mengurangi kreativitas dan juga ingatan jangka pendek. Studi ini dilakukan pada tahun 2012.

Pendapat lain mengungkapkan bahwa fenomena matematika ini sebabkan oleh faktor budaya. Seperti sterotip bahwa anak cewek tidak terlalu bagus di kelas matematika. Selain itu, gen juga bisa mempengaruhi apakah kamu bisa terserang cemas dengan matematika atau tidak. Hal ini didasari bahwa setiap gen memiliki cara tersendiri dalam menghadapi ancaman seperti soal matematika.

Meski belum jelas penyebab dari semua ini, kuncinya adalah pada level stres atau cemas. Semakin cemas menghadapi soal matematika, maka hasilnya akan semakin jelek. Pola itulah yang bisa dijelaskan oleh sang psikolog. Layaknya soal matematika, studi ini juga masih menjadi misteri.

BACA JUGA:

Penjelasan ilmiah soal kecerdasan maksimal seseorang berdasarkan umur

Bukti kecerdasan otak, bisa bedakan mana ketawa asli apa palsu

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Mahasiswa ini temukan tabungan sampah, cara cerdas peduli lingkungan

HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9