Brilio.net - Memilih kado bukanlah perkara mudah, apalagi untuk orang yang istimewa di hatimu. Terkadang memang membingungkan untuk memberikan kado yang spesial bagi si dia. Butuh waktu berbulan-bulan untuk menentukan kado yang akan diberikan.

Jika kamu tidak ingin membuang waktu dalam memilih kado, berikut adalah tips ilmiah dari para ahli yang bisa kamu tiru sebagaimana dikutip brilio.net dari Smithsonianmag, Rabu (12/8).

Pertama, pilihlah kado yang mudah untuk dipakai bukan peralatan yang canggih. Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Consumer Research menyebutkan bahwa terjadi perbedaan antara penerima dan pemberi kado. Sang pemberi kado sering memilih kado yang banyak fitur alias canggih. Padahal sang penerima kado lebih suka barang-barang yang mudah dipakai dan penggunaannya tidak ribet.

Selain itu, tidak perlu pusing dengan harga kado. Studi pada tahun 2009 mengatakan bahwa penerima kado tidak mempermasalahkan harga kado. Kado yang mahal juga tidak menjamin kebahagiaan dari si penerima.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Yang ketiga adalah perhatikan bungkus kado. Jika kado kamu biasa saja, bungkuslah dengan sewajarnya saja. Sebuah studi dari Yale University mengungkap bahwa semakin bagus bungkus kadonya, maka semakin tinggi juga ekspektasi dari si penerima kado. Jangan sampai kamu membuat kecewa karena isi dan bungkus kadonya tidak sesuai.

Tips yang terakhir adalah jangan memberikan kado berupa uang. Selain itu lebih baik kamu menuruti permintaan dari si penerima kado jika dia mengatakannya. Sebuah penelitian dari Journal of Experimental Social Psychology mengungkap bahwa orang akan lebih puas jika diberikan kado sesuai permintaannya.