Brilio.net - Dunia ilmu pengetahuan semakin berkembang dan selalu diperbarui. Tak hanya memberikan kebaikan dan kenyamanan, ternyata ilmu pengetahuan juga bisa mencetak suatu hasil yang unik dan menarik.

Berkat ilmu pengetahuan jualah, Lalan Jaelani bersama para siswa SMAN 1 Tamansari Bogor mampu "menciptakan" jagung dengan warna yang tidak biasa dan dinamai jagung pelangi. Temuannya ini merupakan hasil belajar dengan seorang ahli pertanian Sujimin alias Jimmy Hantu.

Jagung paling unik tumbuh di Indonesia, satu tongkol punya 5 warna

Diakui Lalan, jagung ini merupakan hasil persilangan dari jagung kuning dengan jagung hitam. Warna yang ditimbulkan yaitu putih, kuning, merah muda, ungu, dan hitam. Maksud percobaan ini adalah ingin membuktikan teori genetika Gregor Mendell dengan hal sederhana.

"Sekalian juga pembuktian bahwa tidak cuma orang luar negeri yang bisa bikin jagung pelangi. Kan kita sering terjebak terutana produk dari China yang bisa membuat produk yang aeh-aneh padahal kita juga bisa membuatnya," terang lulusan Unpad ini pada brilio.net, Selasa (11/8).

Loading...

Jagung paling unik tumbuh di Indonesia, satu tongkol punya 5 warna

Dalam percobaannya, Mendell menggunakan kacang ercis sebagai objek. Namun Lalan dan kawan-kawan memilih jagung sebab penanganannya yang mudah. Bonggol-bonggol jagung yang sudah berbunga cukup digoyang-goyangkan, dengan bantuan angin nantinya akan bisa berbuah. Dalam waktu 2-2,5 bulan hasil persilangan sudah bisa dilihat.

Bibit jagung yang digunakan berasal dari Jimmy Hantu yang telah mendapat hormon tanaman sehingga waktu panen yang umumnya tiga bulan menjadi 2,5 bulan, bahkan bisa hanya dua bulan. "Jagung ini lebih enak dimakan mentah daripada dimasak, rasanya juga lebih manis," aku pemuda yang juga relawan Indonesia Bangun Desa ini.