Brilio.net - Bagi sebagian orang, penuaan dini merupakan masalah. Apalagi saat bertemu dengan teman seangkatan pada saat masuk kuliah. Jika kamu mengalaminya, pasti ada perasaan agak minder karena penampilan kamu yang jauh lebih tua dibandingkan dengan teman lainnya. Akan tetapi, tahukah kamu apa yang menyebabkan fenomena ini?

Berikut adalah lima hal yang harus kamu hindari jika kamu tidak ingin mengalamai penuaan dini sebagaimana dikutip brilio.net dari Lifehack, Senin (10/8).

1. Fobia

Tingkat kekhawatiran yang tinggi dan juga fobia ternyata bisa menyebabkan seseorang cepat tua. Sebuah studi dari Brigham and Women's Hospital mengonfirmasi hal ini. Riset tersebut melibatkan wanita antara umur 42-69 tahun. Hasil dari penelitian tersebut mengungkap bahwa fobia bisa menyebabkan penuaan dengan cepat.

2. Makan sembarangan

Loading...

Kunci utama agar tetap awet muda terletak pada makanan yang dikonsumsi. Sebuah kajian yang diterbitkan dari British Medical Journal menyebutkan bahwa makanan Mediterranean ternyata mampu menghambat penuaan. Ciri khusus dari Mediterranean diet adalah lebih banyak mengonsumsi buah polong, serelia, sayuran, buah-buahan, dan sedikit susu.

3. Kesepian

Sebuah studi mengungkap bahwa 40% dari orang yang mengalami kesepian mengalami kurangnya gerak tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kamu tua lebih cepat dibandingkan dengan orang lain. Selain itu, 50% dari orang yang kesepian juga mempunyai risiko cepat meninggal dunia.

4. Obat antidepresan

Jenis obat ini ternyata mempunyai efek negatif. Salah satunya adalah bisa membuat kamu mengalami penuaan dini. Jadi, jika kamu sering mengalami depresi dalam kehidupanmu, lebih baik dicari alternatif lain selain obat antidepresan.

5. Sinar matahari

Memang agak susah untuk menghindari teriknya sinar matahari, apalagi di negara tropis. Terlalu banyak terkena sinar matahari ternyata bisa menyebabkan penuaan yang lebih cepat. Selain itu, risiko terbesar dari terkena sinar matahari adalah bisa menyebabkan kanker kulit.