Brilio.net - Stres bisa dibilang fenomena unik bagi manusia. Sampai sekarang pun masih terjadi perbedaan apakah stres mampu memberikan efek positif atau negatif. Selain itu, stres juga bisa mengancam siapapun tidak peduli umurnya. Bahkan penyebabnya juga bermacam-macam. Mulai dari yang serius sampai yang tidak masuk akal.

Kamu pasti tidak menyangka ternyata desain rumah yang sering kamu lihat bisa mempengaruhi kondisi stres, sebagaimana dikutip brilio.net dari Aeon, Jumat (4/9).

Penelitian ini dilakukan oleh seorang ahli psikologi dari Waterloo University bernama Colin Ellard. Pengarang buku Where Am I? ini melakukan risetnya di New York, Amerika Serikat pada 2011 silam. Collin mensurvei beberapa orang di kota tersebut dengan memberikan gelang terhadap setiap responden. Gelang ini didesain khusus untuk mengetahui level kewaspadaan, tingkat konsentrasi, dan level seseorang dalam merespons.

Dalam risetnya, responden dibagi menjadi dua kelompok yang berbeda. Pertama adalah mereka yang mendapat tugas untuk berjalan-jalan di daerah yang monoton. Tempatnya seperti lorong yang monoton dan tidak ada dekorasi yang berbeda. Sedangkan, grup lain mendapat tugas untuk mengelilingi jalanan yang diapit oleh tempat makan, toko, dan rumah dengan jendela yang terbuka dan berbeda-beda.

Hasilnya sangat mengejutkan, ternyata orang di grup pertama menunjukkan sikap bosan dan tidak bahagia bahkan cenderung stres. Dalam penelitiannya, responden pada grup pertama ternyata merasa biasa-biasa saja dan kurang bergairah.

Loading...

Hal ini sangat berbeda dibandingkan dengan kelompok yang kedua. Responden dari kelompok kedua ini lebih aktif dan juga mudah berinteraksi dengan orang lain. Meskipun mereka terjebak dengan keramaian karena pengunjung toko dan juga pejalan kaki, ternyata tidak mengurangi level rasa senang mereka.

Jadi, jika kamu sering stres, mungkin selama ini kamu tinggal di lingkungan yang monoton. Mungkin inilah saat yang tepat untuk pindah rumah dan ganti suasana.