Brilio.net - Menghadiri pesta ulang tahun seseorang merupakan momen spesial. Akan tetapi hal yang tidak enak adalah ketika disuruh nyanyi atau ngedance di acara tersebut. Saat temanmu memaksa untuk melakukan kedua hal tersebut, pesta langsung berubah menjadi neraka. Kenapa hal ini terjadi?

Riset yang dilakukan Lan Nguyen Chaplin dan Michael I Norton telah mengungkap penyebab fenomena ini, sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari American Scientific, Selasa (7/7). Dalam penelitinnya, Land dan Michael melibatkan 159 anak-anak dengan rentang umur antara 3-12 tahun.

Dalam percobannya, setiap anak disuruh untuk memilih dua dari empat kegiatan untuk dilakukan di tempat umum. Keempat pilihan itu adalah menyanyi, menari, mewarnai, atau menggambar lingkaran.

Hasilnya sangat mengejutkan 75% dari anak yang berumur 11 dan 12 tahun menghindari menyanyi dan menari. Jika dibandingkan dengan kelompok anak yang berumur antara 3-4 tahun, hanya 6% melakukan yang sama. Sedangkan rata-rata anak yang berumur 3 tahun memilih untuk melakukan keduanya.

Sang peneliti mengungkap bahwa fenomena ini terjadi disebabkan oleh Theory of Mind. Istilah ini merujuk pada kemampuan seorang anak dalam memahami pikiran orang lain yang berbeda dengan dirinya.

Loading...

Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa usia 11 hingga 12 tahun perkembangan Theory of Mindnya lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang berusia 3-4 tahun. Wajar saja kelompok usia 11 hingga 12 lebih memilih untuk mewarnai atau menggambar. Hal ini karena mereka sadar akan pendapat/komentar orang lain terkait performanya.

BACA JUGA:

Penelitian buktikan berpuasa baik untuk kesehatan jantung

5 Hal lucu yang dilakukan anak kecil saat puasa pertama

4 Lagu Ramadan ini pernah ngehits banget di Indonesia

Resep takjil lezat dengan 2-3 bahan saja, gampang banget!

VIDEO: Tips menyajikan kurma tanpa biji