Brilio.net - Rambut sehat tak lepas dari hasil perawatan. Iya dong, semisal kalau kamu ceroboh dalam merawat rambut malah bisa menyebabkan kerusakan rambut. Menyisir rambut merupakan hal yang wajar dan paling sederhana dalam merawat rambut. Semua orang tentu saja melakukan kegiatan ini secara rutin setiap harinya supaya terbebas dari rambut kusut.

Meski menyisir rambut terbilang hal sepele, sering kali masih terjadi kesalahan dalam menyisir rambut. Kesalahan ini bisa mengakibatkan rambut kering dan juga rusak. Nah, untuk mengetahui kesalahan apa saja yang sering dilakukan saat menyisir, brilio.net sudah merangkumnya dari Boldsky, Selasa (28/7).

1. Terlalu sering menyisir

Meski sepele, tapi belum tentu caramu menyisir rambut sudah benar lho

Ketika rambut kamu kusut dan nggak rapi pasti kamu ingin untuk merapikannya dengan menyisir. Nah, ternyata kalau kamu terlalu sering menyisir rambut malah bisa memberikan dampak yang buruk bagi rambut. Solusi pertama yang bisa kamu lakukan adalah melumasi rambut dengan serum rambut untuk membuat rambut jadi lebih lembut.

Loading...

2. Menggunakan sisir daripada jari

Meski sepele, tapi belum tentu caramu menyisir rambut sudah benar lho

Sebuah sisir bisa terlalu keras untuk rambut kamu. Kalau kamu ingin meminimalkan kerusakan rambut, gunakan jari kamu untuk menyisir daripada menggunakan sisir. Penggunaan jari ini dimaksudkan untuk menggantikan fungsi sisir.

3. Menyisir rambut ketika basah

Apakah buruk untuk menyisir rambut yang basah? Tentu saja ya. Menyisir rambut dalam keadaan basah bisa membuat rambut kamu jadi rusak. Oleh sebab itu lebih baik membiarkan rambut kering selama beberapa menit sebelum kamu mulai menyisir.

4. Salah memilih sisir

Meski sepele, tapi belum tentu caramu menyisir rambut sudah benar lho

Sisir memiliki bermacam bentuk yang memiliki fungsi yang berbeda. Untuk menjaga rambut kamu biar tetap sehat dan nggak rusak, kamu harus memiliki bermacam bentuk sisir yang disesuaikan dengan fungsinya. Untuk sehari-hari, pilih sisir yang jarak giginya jauh terpisah.

5. Menyisir rambut dari akar ke ujung

Menyisir dengan cara seperti ini sering dilakukan. Padahal menyisir rambut dari akar ke ujung adalah cara yang salah. Karena tanpa disadari bisa mengakibatkan rambut tertarik dari akarnya sehingga akan menyebabkan rambut rontok. Untuk itu dalam menyisir sebaiknya kamu memulainya beberapa inci dari akar rambut. Lakukan ini sampai sisir berjalan lancar melalui rambut kamu.

6. Tidur dengan rambut basah

Meski sepele, tapi belum tentu caramu menyisir rambut sudah benar lho

Keramas di malam hari atau sepulang beraktivitas seharian menjadi pilihan yang biasa dilalukan oleh sebagian wanita modern yang aktif. Tapi jangan pernah pergi ke tempat tidur saat rambut kamu masih basah. Rambut yang basah rentan terhadap kerusakan dan mungkin malah menyebabkan rambut jadi gagal terlihat indah di pagi hari ketika kamu bangun.

7. Penggunaan handuk pengering

Cara yang paling umum untuk mengeringkan rambut adalah dengan menggunakan handuk. Tapi jika kamu sedikit ceroboh, proses ini dapat menyebabkan frizzes dan juga kerusakan permanen. Tapi kalau kamu masih ingin menggunakan handuk, gunakan satu handuk kering untuk menyerap kelembaban dari rambut. Jangan menggosok rambut kamu dengan itu.

8. Menarik dan mengikat rambut

Rambut kamu juga benci ditarik. Sakit! Jadi, jangan pernah mencoba untuk menarik rambut kamu dengan erat selama proses menyisir. Dan ketika kamu ingin mengikat rambut hindari memilih model ekor kuda yang diikat secara ketat karena bisa menyebabkan kerusakan rambut.