Brilio.net - Rambut sehat yang indah tergerai nggak datang dengan sendirinya. Kamu harus rajin juga untuk merawatnya dan nggak harus selalu mahal dan ribet. Cukup lakukan hal yang simpel seperti keramas dengan sampo secara rutin.

Nggak hanya itu, penting juga untuk memperhatikan jenis rambut kamu saat memilih sampo. Sebab pemilihan yang kurang tepat bisa menyebabkan rambut menjadi rusak dan bermasalah dengan berbagai penyakit rambut. Nah, nggak mau kan? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, cek yuk tips memilih shampo berdasarkan jenis rambutmu, Selasa (27/4):

1. Rambut kering
Conditioner isn't all that dried-out strands need. Emang sih untuk mendapat hasil maksimal, pemakaian kondisioner sangat dianjurkan. Tapi sebaiknya pilihlah dulu sampo yang cocok untuk mengatasi rambut kering sebelum akhirnya memutuskan untuk memakai kondisioner. Apalagi kalau kondisi rambut kamu kering bagai tumpukan jerami. Kamu bisa memilih jenis sampo yang kaya akan kandungan vitamin E untuk membuat rambut kamu jadi lebih lambut. Atau gunakan sampo dengan kandungan minyak almond, madu, chamomile, atau minyak zaitun. Karena bahan-bahan tersebut memiliki nutrisi yang dapat melembapkan rambut.

2. Rambut berminyak
Sampo yang nggak memiliki pelembap sebaiknya digunakan oleh jenis rambut berminyak. Kandungan minyak yang dimiliki oleh si rambut berminyak sangat berlimpah, sehingga penggunaan sampo ini akan memicu pelembap lebih banyak lagi. Tentu saja hal ini akhirnya akan membuat rambut berminyak menjadi lebih berminyak.

Pilihlah clarifying shampoo atau sampo yang memiliki kandungan asam, seperti ekstrak lemon. Formula dan nutrisi di dalamnya efektif mengurangi minyak dan lemak pada kulit kepala, sehingga rambut nggak mudah lepek. Jangan juga lupa untuk keramas minimal tiga minggu sekali ya.

3. Rambut normal
Pemilik rambut normal adalah golongan orang-orang yang sangat beruntung. Karena, mereka dapat memilih segala jenis sampo namun harus tetap memperhatikan kandungan di dalamnya. Keramas setiap hari juga nggak jadi masalah besar bagi pemilik rambut normal, justru akan memberikan keuntungan karena kamu dapat membersihkan kulit kepala setiap hari sehingga jauh dari masalah rambut. Daily shampoo adalah pilihan yang tepat. Sampo ini mengandung pH seimbang dan dirancang untuk pemakaian setiap hari. Dengan penggunaan yang teratur, rambutmu terasa lebih lembut dan indah.

4. Rambut kombinasi
Buat kamu yang memiki jenis rambut berminyak pada bagian kulit kepala, tapi ujung rambutnya kering dan pecah-pecah artinya kamu harus memilih sampo yang tepat. Sebaiknya hindari sampo untuk rambut berminyak. Gunakan daily shampoo, hanya saja bedakan cara pemakaiannya. Triknya adalah dengan nggak menggunakan sampo terlalu banyak, cukup pada kuit kepala. Nah, untuk bagian ujung yang kering, kamu bisa pakai kondisioner.

5. Rambut berketombe
Dalam kasus ini, kamu perlu memilih sampo yang mengandung keratin. Dimana kandungan tersebut dapat memperkuat dan menyehatkan rambut kamu. Selain itu, keratin juga mampu mengatasi masalah rambut seperti ketombe. Cari sampo yang mengandung ketoconzale dan ekstrak mentol. Bahan-bahan ini memiliki kadar ringan sehingga nggak melukai kulit kepala. Fungsi lainnya adalah untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menormalkan kadar pH kulit.