Brilio.net - Rambut itu mahkota, makanya nggak jarang orang-orang berlomba-lomba merawat rambutnya dengan berbagai perawatan yang mahal. Tapi sebenarnya untuk punya rambut yang lebat dan indah, nggak mesti juga harus membuang-buang duit banyak. Ternyata, mencabuti rambut justru bikin rambut jadi tambah lebat.

Hal ini disimpulkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof Cheng-Ming Chuong dari University of California. Menurutnya, mencabut rambut di kepala dapat menghidarkan kamu dari kebotakan. Bahkan dengan mencabut 200 helai rambut di bagian belakang dengan pola tertentu, bisa meregenerasi rambut sampai dengan 1.300 helai.

Penelitian yang dimuat dalam journal Cell ini, seperti dikutip brilio.net dari laman medicalnewstoday.com, mencabut rambut dengan diameter 3-5 milimeter dapat meregenerasi 450-1.300 helai rambut baru. Tapi, kalau rambut yang dicabut berdiameter 6 milimeter, tidak menghasilkan pertumbuhan apa-apa.

Pada dasarnya pencabutan rambut memang merusak folikel rambut itu, tapi folikel yang rusak itu ternyata memicu proses pelepasan protein inflamasi yang akhirnya akan mengirimkan "sinyal bahaya" kepada sel-sel kekebalan tubuh. Sel-sel kekebalan ini akan melepaskan molekul sinyal yang akan mendorong folikel rambut untuk menumbuhkan rambut-rambut baru.

(brl/pep)

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI