Brilio.net - Kamu mungkin sudah sering melihat ketombe tersebar di mana-mana pada rambut atau bahu. Kebanyakan orang berpikir bahwa serpihan kulit mati yang berwarna putih dan biasanya ada di rambut dan bahu itu wajar terjadi. Tapi ilmu kedokteran menganggap kalau ketombe itu sebagai infeksi yang bisa sangat berbahaya bagi kulit, rambut, dan akhirnya ke seluruh tubuh manusia.

Meskipun ketombe berkembang di rambut dan sebagian besar menyebabkan kerusakan, kamu harus berhati-hati tentang efek samping ketombe di wajah. Pasalnya 50 dari 100 orang menderita infeksi kulit, terutama di wajah mereka. Situasi ini nggak hanya berbahaya bagi kesehatan tapi juga penampilan kamu.

Faktanya, ketombe bisa berbahaya bagi tubuh dan itulah sebabnya kamu harus mengetahui efek samping dari ketombe sehingga kamu bisa melawannya. Seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Sabtu (11/7), berikut efek samping yang paling umum dari ketombe.

1. Gangguan

Ketombe bisa sangat menjengkelkan, kamu nggak bisa menahan diri buat nggak menggaruk rambut. Kadang, hal ini bisa terkesan memalukan dan menganggu. Apalagi kalau sifat kulit kamu kering, bisa menimbulkan rasa gatal dan kulit kepala dapat mengelupas. Akibatnya, munculah ketombe dari kulit kepala kamu. Jagalah kulit kamu biar nggak berminyak, terutama pada hari-hari di musim panas. Caranya, kamu bisa menggunakan pelembab sampo yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Loading...

2. Rambut rontok

Jangan sepelekan ketombe di rambutmu, bisa buruk efeknya ke kesehatan

Ketombe akan menghancurkan bahan-bahan alami dari kulit kepala, sehingga rambut jadi rontok. Kamu harus siap menghadapi risiko rambut rambut rontok saat terjebak dalam serangan ketombe di rambut. Meskipun produsen minyak rambut mengklaim berhasil mengatasi ketombe, tapi tetap saja ketombe nggak bisa tersingkir dari rambutmu selamanya.

3. Jerawat

Jangan sepelekan ketombe di rambutmu, bisa buruk efeknya ke kesehatan

Ketombe dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit kamu dengan tumbuhnya jerawat, yang sebagian besar menjadi infeksi kulit. Kalau kamu membiarkan ketombe tak diobati atau tanpa pengawasan untuk jangka waktu lama, maka ketombe bisa memperluas wilayah. Dalam hal ini jelas akan mengorbankan kulit sehingga jadi makin buruk. 

Menurut pendapat dermatologis, ketombe memiliki kemampuan yang kuat untuk mengembangkan resistensi terhadap berbagai obat-obatan dan hal-hal lain yang kamu gunakan untuk melawannya.

4. Gatal

Jangan sepelekan ketombe di rambutmu, bisa buruk efeknya ke kesehatan

Infeksi kulit yang bisa kamu rasakan dan paling buruk adalah gatal. Ketombe menyebabkan gatal-gatal mengerikan di kepala. Kamu mungkin menemukan banyak orang bermasalah dengan gatal. Jika kamu menderita ketombe, maka kamu nggak bisa berhenti untuk merasakan gatal dan menggaruk rambut kamu berkali-kali. Meskipun ini lama kelamaan jadi kebiasaan buruk, kamu tak bisa untuk berhenti melakukannya.

5. Asma

Kamu bisa menganggap asma sebagai salah satu efek samping dari ketombe. Saat ketombe berjatuhan di bahumu, kamu mungkin sering mendapatkan infeksi paru-paru, dalam kasus kamu nggak dapat melihat ketombe tapi menghirupnya. Ini adalah efek samping yang mengerikan dan bisa sangat berbahaya bagi tubuh.

Sebagian besar efek samping dari ketombe sangat berbahaya dan selalu menyebabkan masalah. Namun, kalau kamu menyadari pentingnya penampilan, kamu akan mencoba untuk memastikan kalau kamu nggak akan menderita efek samping dari ketombe di wajah.

BACA JUGA:

Mengingat sejarah musik keroncong, dulu ngehits tapi kini dilupakan

10 Fakta tentang musik dangdut yang tak banyak kamu tahu

Kamu berdarah O, cek aliran musik sadis ini buatmu

Ini 5 genre musik yang cocok didengerin golongan darah AB

Ini aliran musik yang oke punya buat golongan darah B

Ini aliran musik yang paling klik buat kamu bergolongan darah A