Brilio.net - Selama ini orang percaya bahwa mandi adalah satu-satunya kegiatan paling ampuh untuk membersihkan diri serta menghindarkan aroma tubuh tak sedap akibat kuman dan bakteri. Beberapa ahli bahkan menganjurkan untuk mandi dua kali setiap harinya untuk menjaga kebersihan tubuh. Tapi kalau musim panas kayak begini, bisa lebih dari dua kali sih. Kalau kamu?

Menurut Dr Casey Carlos, asisten profesor medis dari divisi dermatologi University of California, Amerika Serikat, mengatakan mandi setiap hari nggak bagus untuk kesehatan kulit. Lho kok?

Banyak orang yang nggak menyadari bahwa sesungguhnya kulit manusia memiliki kemampuan yang secara alamiah dapat membersihkan diri dari kotoran serta bakteri. Mandi setiap hari justru akan menghilangkan kemampuan alamiah kulit tersebut secara perlahan-lahan dan memberi dampak negatif seperti kering, kusam, pecah-pecah, serta dapat menyebabkan kulit bersisik yang tentunya sangat mengganggu penampilan.

Buat orang-orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, menurut Dr Carlos, usahakan untuk tidak terlalu sering membasuh tubuh. Dan jangan lupa untuk tidak terlalu berlama-lama di dalam kamar mandi ya. Kulit yang terlalu lama terpapar air, entah itu air dingin atau hangat, berpotensi mengalami dehidrasi yang akhirnya membuat kulit kehilangan kecantikannya.

"Cara terbaik untuk membersihkan tubuh dari kotoran adalah dengan berendam dalam air hangat dalam kurun waktu sebentar saja," jelas Dr carlos seperti dikutip brilio.net dari laman Today, Kamis (6/8).

Loading...

Dan jangan lupa, selalu pergunakan pelembab kulit secara rutin. Formulanya yang positif sangat bermanfaat untuk menghidrasi kulit, sehingga masalah kulit rusak dan pecah-pecah dapat dihindari.