Brilio.net - Kebanyakan orang pasti setuju bahwa mandi dengan menggunakan air hangat benar-benar bisa membantu membuat tubuh menjadi rileks. Apalagi jika sepulang kerja pada malam hari yang dingin, pasti pilihan kita adalah mandi dengan air hangat. Ya kan?

Namun perlu kamu tahu bahwa sebenarnya mandi dengan air dingin itu lebih akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan yang patut kamu pertimbangkan. Berikut adalah 5 alasan ilmiah kenapa kita harus mandi dengan air dingin seperti dilansir brilio.net dari collective-evolution.com, Rabu (22/4):

1. Meningkatkan kondisi sistem imun dan peredaran darah
Air dingin yang mengalir pada tubuh seseorang saat mandi dapat memperbaiki perbedaran darah yang menuju pembuluh darah yang nantinya akan dialirkan ke seluruh tubuh. Meningkatnya aliran darah ini juga dapat mengurangi risiko penyakit kulit dan jantung serta dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu juga dapat mengurangi adanya penyumbatan pembuluh darah dan memperbaiki sistem imun seseorang.

2. Memperbaiki kondisi kulit dan rambut
Mandi dengan air panas dapat menyebabkan kulit dan rambut seseorang menjadi kering. Hal itu dapat terjadi karena adanya kandungan klorin yang tinggi yang akan membuat kulit dan rambut kita menjadi kering. Sementara air dingin dapat membantu menguatkan kutikula dan juga pori-pori pada kulit. Air dingin juga dapat mencegah berkurangnya kandungan minyak alami pada kulit dan kulit kepala, karena kandungan minyak alami itulah yang nantinya dapat membuat rambut menjadi berkilau, kulit dan kulit kepala menjadi bersih.

3. Menambah energi
Di pagi hari saat kamu masih malas bangun pagi, mandi dengan air dingin bisa membantu memmberi semangat. Ketika air dingin mulai membasahi bagian leher, seketika itu pula seseorang akan mengambil nafas dalam. Hal ini dapat meningkatkan jumlah oksigen yang masuk dalam tubuh dan meningkatkan detak jantung yang membuat darah terpompa lebih cepat untuk dialirkan ke seluruh tubuh sehingga membuat tubuh terasa lebih bersemangat.

4. Mengurangi stres dan perasaan depresi
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kadar glutathione atau antioksidan yang paling penting untuk tubuh. Penelitian lain menyebutkan bahwa mandi dengan air dingin dapat memperbaiki mood seseorang dan juga memiliki efek anti-depresan serta tidak memiliki efek samping.

5. Mengurangi nyeri otot
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menyebutkan bahwa orang yang mandi dengan air dingin sesudah berolahraga lebih cenderung dapat dengan cepat mengurangi nyeri otot yang dialaminya. Para peneliti menyarankan bahwa mandi yang paling efektif adalah 24 menit berendam di air dengan temperatur sekitar 10 sampai dengan 15 derajat celcius. Semakin lama mandimu, semakin banyak juga keuntungan yang dapat kamu peroleh.

Tapi jangan lama-lama juga ya guys mandinya. Masih banyak yang antre mau mandi dan kalau kelamaan bisa bikin kamu malah masuk angin!