Brilio.net - Selama ini pola makan dan olahraga dituding sebagai penyebab dari perut buncit. Padahal, sebuah studi mengungkap bahwa suara mesin kendaraan pada lalu lintas yang ramai juga bisa membuat perut semakin maju.

Dikutip brilio.net dari jurnal Occupational and Environmental Medicine, Kamis (11/6), setiap 5 desibel suara yang dihasilkan oleh kendaraan bisa menambah kebuncitan perut hingga 0,08 inchi. Studi ini dilakukan oleh Goran Pershagen asal Karolinska Institute di Swedia.

Pada penelitiannya, dia menyurvei 5.000 orang yang tinggal di dekat dengan area yang pada lalu lintas. Lokasi riset berada di Stockholm County, Swedia, daerah yang padat dengan lalu lintasnya mulai dari jalan raya, bandara, dan juga jalur kereta api.

Goran memaparkan bahwa orang yang tinggal di dekat area tersebut mengalami perut buncit. Hal ini disebabkan oleh suara yang bersumber dari lalu lalang mesin transportasi.

Meskipun begitu, temuan ini dibantah oleh ahli dari Cleveland Clinic Wellness Institute, Daniel Neides. Pendapat yang bersebarangan menyatakan bahwa lalu lintas yang padat meneyebabkan hormon cortisol naik karena stres. Hormon itulah yang menyebabkan naiknya lemak pada bagian perut hingga perut semakin buncit. Memang dalam studinya, Goran tidak menghitung level hormon cortisol pada para respondennya.

BACA JUGA:

Mendengarkan musik atau nonton tv membuat kualitas tidur buruk

Pemuda 21 tahun ini ciptakan aplikasi terlengkap untuk terapi autis

Kebelet pipis ternyata ada hubungannya dengan kepintaran seseorang

Pipis lebih dari 8 kali sehari ternyata berbahaya

Dahsyat, bocah ini menangkan AMI Awards berkat tembang Walang Kekek

Kisah pilu seorang bocah yang kehilangan anjing kesayangannya

Wow, bocah 9 tahun kantongi 119 gelar martial arts