Brilio.net - Coba kamu ingat-ingat lagi, guys, berapa kali sih dalam sehari kamu buang air kecil? Dua kali? Empat kali? Delapan kali? Atau bahkan lebih dari sepuluh kali?

Buang air kecil atau biasa juga sering disebut pipis itu manusiawi. Semua orang pasti perlu pipis untuk membuang racun-racun dari dalam tubuh. Tapi mesti diperhatikan lagi berapa kali kamu pipis dalam sehari. Pipis lebih dari delapan kali sehari itu bisa mengindikasikan bahaya, lho. Kamu mungkin saja terkena inkontinesia atau yang biasa disebut dengan beser.

Menurut Soumyan Dey, dokter spesialis urologi, seperti dikutip brilio.net dari health Me Up, Kamis (28/5), inkontinesia adalah kondisi dimana seseorang nggak bisa mengontrol kandung kemih mereka. Biasanya, penyebab inkontinensia adalah stres serta dorongan secara berlebihan, umumnya dialami oleh perempuan.

Pada perempuan, inkontinensia bisa disebabkan karena otot-otot panggul melemah, umumnya ini terjadi selama kehamilan dan setelah proses persalinan. Sedangkan untuk pria, inkontinensia biasanya terjadi akibat ginjal yang membatu serta pembesaran pada prostatnya. Selain itu masalah penuaan, kerusakan fisik, kanker, obesitas, atau tumor kandung kemih merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami inkontinensia urine.

Cara paling baik untuk mengobati inkontinensia, masih menurut Soumyan, adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup. Rajin berolahraga serta mengonsumsi suplemen dapat membantu mengobatinya. Kafein merupakan musuh untama orang dengan penyakit ini karena dapat menstimulasi kandung kemih.

Rokok dan alkohol juga harus dihindari ya, karena dapat mengiritasi kandung kemih. Dan yang paling penting adalah hindari stres yang merupakan faktor utama penyebab inkontinensia.

Yuk, hindari beser! Kesehatanmu lho.

(brl/gib)