Brilio.net - Hubungan percintaan bisa saja kandas kapan saja. Meski kamu sudah berjuang keras untuk mempertahankannya, tetapi kalau belum jodoh ya tetap saja harus berakhir. Kenyataannya memang sakit, tetapi anggaplah bahwa putus cinta merupakan salah satu hal yang akan membuat kamu lebih dewasa.

Yang lebih penting adalah kamu memahami arti dan juga jenis putus cinta yang kamu alami. Berikut adalah tipe-tipe putus cinta dan artinya sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Elite Daily, Rabu (16/9).

1. Tipe pesulap

Setelah putus, baik kamu atau mantanmu akan sama-sama menghilangkan kenangan yang telah dilalui bersama. Kamu mulai mengembalikan barang-barang yang dulu pernah diberikan oleh mantanmu. Selain itu, kamu juga memblokir semua akun media sosial. Bahkan kamu juga sudah menghapus kontak.

Loading...

Jenis putus seperti ini menandakan adanya rasa "masih cinta", akan tetapi harus melepaskan sepenuhnya karena keputusan untuk berpisah. Alasan ini masuk akal untuk mempermudah proses move on setelah putus.

2. Tipe dalang wayang kulit

Orang yang memilih tipe ini untuk memutuskan pacarnya merupakan orang yang sangat hati-hati. Dia sebenarnya ingin membuat kamu tetap nyaman setelah putus. Akan tetapi, kamu akan merasa bingung apakah orang tersebut benar-benar mengakhiri hubungan atau tidak. Soalnya, tipe dalang wayang kulit ini mengutarakan harapan dan juga banyak kalimat sebelum kata putus terucap karena ingin melindungi perasaanmu.

Jika kamu diputuskan dengan cara ini sebaiknya harus hati-hati. Karena mantanmu yang bertipe dalang wayang kulit ini bisa datang setelah sekian abad tidak berkomunikasi. Jadi, mantan seperti ini merupakan cobaan yang sesungguhnya saat sudah move on.

3. Layaknya bumerang

Mantanmu yang sering menggunakan teknik bumerang dalam mengakhiri hubungan biasanya impulsif. Dalam kata lain, karena hal-hal kecil saja minta putus. Kemudian selang beberapa hari minta balikan lagi. Jadi, siap-siap saja untuk drama putus-nyambung dengan pacarmu yang seperti ini.

Yang perlu kamu waspadai saat menghadapi pacar seperti ini adalah komitmenmu. Jika kamu memang ingin mengakhiri hubungan yang on-off seperti itu, ya kamu harus tegas. Jangan sampai kamu tergoda dengan janji dan juga alasan lainnya.

4. Tipe psikolog

Ciri utama dari jenis putus seperti ini adalah pacarmu mengajak bertemu secara intim. Kata-katanya terpusat pada dirinya dengan menyebutkan kesalahannya. Bahkan, semua alasan dan juga faktor yang menyebabkan perpisahan juga diungkapkan. Dia memutuskanmu seakan-akan seperti pendongeng.

Terkadang orang seperti ini seperti ‘munafik’ saat memutuskanmu. Karena kata-kata yang dikeluarkan seperti pemanis yang dibuat-buat.

5. Tipe tukang pos

Orang seperti ini memutuskanmu dengan melibatkan teknologi. Bisa saja tipe tukang pos ini mengakhiri hubungan dengan SMS, telepon, atau chatting. Agak aneh bukan? Tetapi banyak juga yang melakukan hal ini. Cara terbaik untuk merespon perpisahan dengan cara seperti ini adalah dengan tidak membalasnya.