Brilio.net - Mabuk saat perjalanan mungkin sudah bukan hal baru lagi untuk kita ya. Kondisi ini memang bisa menyerang siapa saja baik tua maupun muda dan juga dapat terjadi di mana saja entah itu di darat, laut, maupun udara. Tapi tahukah kamu sebenarnya apa sih yang membuat seseorang menjadi mabuk saat melakukan perjalanan?

Emedicinehealth.com menyebutkan bahwa sebenarnya penyebab dari mabuk perjalanan itu cukup rumit dan sulit dimengerti. Namun para ahli beranggapan bahwa kondisi tersebut terjadi karena adanya gangguan pada penerimaan sebuah sensor atau rangsangan pada otak seseorang.

Otak seseorang akan merasakan adanya sebuah pergerakan dari berbagai macam sinyal yang datang dari jalur yang berbeda-beda, misalnya saja dari bagian dalam telinga (merasakan adanya sebuah pergerakan, penambahan kecepatan, dan gravitasi), dari mata (penglihatan), dan dari jaringan tubuh yang paling dalam (proprioceptors).

Ketika tubuh seseorang secara tiba-tiba bergerak, seperti saat kita berada dalam sebuah kendaraan, hal tersebut bisa jadi menimbulkan gangguan antara beberapa jalur penerimaan sensor tadi (telinga, mata, jaringan tubuh seseorang). Dan bagian dalam telinga merupakan yang paling sensitif dalam hal tersebut.