Brilio.net - Bagi sebagian orang perubahan yang terjadi pada kaki jarang diperhatikan. Padahal bisa saja ada masalah kesehatan serius yang bisa ditunjukkan oleh bagian tubuh paling bawah tersebut. Mulai dari jempol kaki yang bengkak hingga perubahan pada kuku kaki.

“Perubahan nyata pada kaki bisa menjadi indikator masalah kesehatan yang lebih luas," ujar ahli penyakit kaki Jake Heath dari One Wellness Clinic di Wimpole Street, London.

Menurut Jake, masalah yang muncul pada bagian kaki belum tentu penyakit kaki, tapi menunjukkan penyakit pada bagian tubuh lain. Nah, berikut sejumlah tanda-tanda dari kaki kamu ketika mengalami masalah kesehatan, seperti dilansir brilio.net dari mirror.co.uk, Rabu (2/9).

1. Jempol kaki bengkak

7 Perubahan kaki ini bisa jadi indikasi masalah kesehatan

Ketika jempol kaki bengkak, kemungkinan kamu menderita gout. Gout adalah penumpukan kristal asam urat di sendi. Menurut Jake, gout bisa disebabkan oleh kelebihan berat badan, konsumsi obat tertentu, konsumsi makanan tinggi protein, atau mungkin saja masalah genetik.

"Bagi kebanyakan orang, gejala awalnya yaitu sakit, merah, dan jempol kaki bengkak,” terang Jake

Jika kamu mengalami rasa sakit di jempol kaki atau sendi lain seperti lutut atau siku, periksalah ke dokter. Selain itu, kamu sebaiknya juga mengurangi konsumsi protein, banyak minum air putih, dan menurunkan berat badan.

2. Kaki dingin
Kaki tiba-tiba dingin, padahal udara di luar tidak dingin? Pernah nggak mengalami ini? Bisa jadi kamu menderita hipotiroidisme, yaitu kurang aktifnya kelenjar tiroid di tubuh. Kaki dingin juga bisa menjadi tanda penyakit Raynaud. Menurut Jake, hal ini terjadi ketika pembuluh darah di kaki dan jari menjadi hipersensitif terhadap suhu, stres, merokok, dan obat-obatan.

Jake menjelaskan, aliran darah ke kaki menjadi berkurang sehingga tampak putih sesaat. Kemudian, ketika aliran darah kembali, kaki bisa menjadi merah, bengkak, dan gatal.

Pemicu lainnya dari hipotiroidisme, antara lain kelelahan, sakit otot, depresi, dan gemuk. Pergilah ke dokter untuk cek fungsi tiroid. Hindari juga suhu ekstrim.

3. Bisul merah dan mati rasa
Mati rasa atau hilangnya sensasi di sekitar kaki dan bisul kemerahan yang juga tak kunjung sembuh, mungkin kamu menderita diabetes tipe 2. Selain itu, kesemutan di jari kaki karena kerusakan saraf perifer juga bisa terkait dengan diabetes tipe 2.

Jika tidak segera ditangani, bisul bisa merusak jaringan kulit dan bisa menyebabkan bagian di kaki diamputasi. Tanda lainnya, yaitu haus terus-menerus, buang air kecil lebih sering dari biasanya, cepat merasa lelah, dan mengalami penurunan berat badan. Jika kamu mengalami tanda ini segera periksa ke dokter dan kurangi konsumsi gula berlebih.

4. Kuku berubah bentuk

7 Perubahan kaki ini bisa jadi indikasi masalah kesehatan

Coba perhatikan apakah kuku jari kaki kamu berubah bentuk. Jika, iya, ini bisa lebih dari masalah kosmetik, mungkin saja ada masalah pada paru-paru. Menurut Jake, masalah paru-paru, pencernaan, dan sistem kardiovaskular bisa ditandai dengan munculnya perubahan bentuk semua kuku pada jari kaki.

Hal ini disebabkan oleh adanya penurunan aliran oksigen ke darah. Jika hal ini terjadi, konsultasilah kepada dokter kaki tentang perubahan pada kuku kamu.

5. Jari kaki tidak berbulu
Hanya sedikit dari kita yang menginginkan adanya rambut tumbuh di jari kaki. Akan tetapi, jika tidak ada sama sekali rambut yang tumbuh di jari kaki, bisa saja terjadi masalah pada pembuluh darah kamu.

Menurut Jake, rambut pada bulu kaki rontok, kuku berwarna putih, atau ungu dengan kuku tebal bisa menjadi tanda-tanda masalah pada sirkulasi yang mendasari penyakit pembuluh perifer. Jika ada tanda-tanda tersebut di kaki, segera periksa ke dokter untuk memastikan penyakit kamu.

6. Kuku menebal dan berubah warna
Jika kuku kamu menebal dan berubah warna, mungkin merupakan tanda dari psoriasis, yaitu kondisi kulit kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan terlalu aktif. Psoriasis memengaruhi 1-2 persen dari populasi dan dikaitkan dengan stres, konsumsi obat, hingga genetik.

Menurut Jake setengah dari pasien psoriasis akan mengalami masalah kuku. Gejalanya antara lain, kuku menebal, mengelupas, ada bercak putih, kemerahan karena meradang. Jika kamu mengalami hal ini, lakukan perawatan termasuk krim steroid, terapi cahaya dan obat oral.

7. Sendi jari kaki sakit

7 Perubahan kaki ini bisa jadi indikasi masalah kesehatan

Sendi jari kaki terasa sakit, kamu harus mewaspadai arthritis rheumatoid (AR). Persendian di jari bisa tiba-tiba terasa kaku sehingga sulit digerakkan dan sedikit bengkak.

Jika tidak segera ditangani, seiring waktu bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan dan persendian. Diagnosis sedini mungkin dengan memeriksakan ke dokter untuk mencegah kerusakan pada sendi dan tulang rawan.