Brilio.net - Manusia itu nggak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Ada saja hal-hal buruk yang terkadang nggak sengaja dilakukan setiap hari. Contohnya berbohong.

Hayooo, ngaku deh berapa kali dalam sehari kamu sering berbicara bohong? Sekali? Dua kali? Tiga? Empat? Atau bahkan nggak terhitung saking seringnya berbohong?

Wah hati-hati lho, sering berbohong bisa bikin kamu terserang penyakit. Nggak percaya? Berikut ini 4 penyakit yang bisa timbul akibat kebiasaan sering berbohong, seperti dirangkum brilio.net dari Next Avenue, Minggu (5/7).

1. Sakit kepala
Penyakit ini merupakan penyakit yang sering banget dikeluhkan orang-orang. Kamu sering mengalami sakit kepala tanpa sebab? Bisa jadi itu karena kebiasaan kamu sering berbohong tuh! Kok bisa? Sakit kepala bisa terjadi karena ada otot saraf yang tarik menarik ketika kita berbicara sesatu hal yang tidak benar.

Bahkan ketika berbohong, terjadi perpindahan, peradangan, spasme pembuluh darah serta distensi dari struktur otot di kepala atau leher. Nah, hal-hal ini yang kemudian menimbulkan nyeri tak tertahankan di bagian kepalamu.

2. Stres
Sering merasa tiba-tiba bingung, khawatir nggak karuan setelah berbicara bohong? Bahkan stres karena selalu terngiang-ngiang? Hati-hati lho, kalau stres dibiarkan berlanjut bisa menyebabkan tekanan pada mentalmu, waduh!

Kondisi tertekan jika ditambah dengan konflik batin lainnya pada akhirnya bisa memicu kehilangan kesadaran diri yang disebut psikosomatik. Sikosomatik sendiri adalah penyakit fisik yang didasari penyakit psikis yang bisa kambuh jika adanya faktor pencetus stres. Sering melihat banyak orang gila di pinggir jalan? Wah , jangan-jangan karena dulunya mereka sering bohong ya?

3. Penyakit jantung
Ketika seseorang berbohong, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon yang bernama kortisol dan norepinefrin. Terlepasnya kedua hormon ini dipicu oleh respons yang terjadi saat menghadapi kondisi dimana seseorang akan merasa dilema terhadap dua pilihan.

Peningkatan kedua hormon ini akan menimbulkan respons detak jantung yang semakin cepat serta tekanan darah pun meningkat secara drastis.

4. Stroke
Sekali berbohong, dua kali, tiga kali berbohong, mungkin nggak akan langsung bikin seseorang terserang stroke. Tapi coba kalau berbohong sudah menjadi suatu kebiasaan, wah jangan kaget kalau suatu saat kamu bisa terkena stroke mendadak ya?

Berbohong atau bahkan menyimpan rahasia besar selama bertahun-tahun memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk mengalami gangguan kesehatan dibandingkan mereka yang jarang berbohong.

Hiii, seram ya? Makanya jangan bohong!

BACA JUGA:

Perlu nggak sih cuci tangan, meski tangan terlihat bersih

Hindari menyentuh 5 bagian tubuh ini dengan tangan

VIDEO: Bejo banting tulang saban hari demi impian punya tangan palsu

Kuat tidaknya jabatan tangan bisa prediksi resiko serangan jantung

Khasiat hebat seledri, mujarab untuk diet dan bikin tidur nyenyak

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh

Pakai banyak gadget bisa bikin kemampuan otakmu cepat menurun