Brilio.net - Pada zaman serba canggih ini, semuanya praktis 'dikendalikan' dengan yang namanya gadget elektronik, seperti handphone dan komputer atau laptop. Nah, kalau kamu sudah santer mendengar kabar bahaya radiasi gadgetmu itu, kini giliran kamu harus memperhatikan posisi tubuh atau anggota tubuh kamu dalam memanfaatkan gadget-gadget berikut.

Seperti dilansir brilio.net dari laman health.com, Rabu (6/5), berikut resiko dari posisi anggota tubuh yang sering kita alami atau lakukan setiap kali menggunakan gadget. Tak lupa pula ada tips cara yang tepat untuk mengurangi masalah kesehatan.

1. Posisi mengetik pesan

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh, hindari!

Kamu pasti tidak jarang mengetik pesan dengan posisi ponsel ada di area sejajar pusar sehingga kepalamu tertunduk. Sebuah penelitian di jurnal Bedah Teknologi Internasional menemukan bahwa posisi seperti ini akan membebankan sebanyak 60 pound (setara sekitar empat bola bowling) pada tulang belakang bagian atas.

Loading...

"Cara ini akan mempercepat degenerasi tulang belakangmu," tutur Kenneth K. Hansraj, MD, kepala operasi tulang belakang di Bedah New York Spine dan Rehab di New York City. Untuk memperbaikinya, kamu bisa memosisikan ponselmu lebih tinggi, setara dengan dada, atau pastikan kamu tidak terlalu melihat ke bawah.

2. Membungkuk ketika menggunakan laptop

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh, hindari!

Sering kali kamu menggunakan laptop dengan memangkunya dan membungkuk. Hal ini bisa membuat punggungmu lelah.

Janice Moreside, PhD, seorang fisioterapis dan asisten profesor kinesiology di Dalhousie University di Halifax, Nova Scotia, menyatakan, "Memegang dalam posisi ini dapat menyebabkan masalah herniated disk." Herniated disk sendiri merupakan piringan yang terselip sepanjang tali tulang belakang. Keadaan tersebut terjadi ketika seluruh atau sebagian pusat piringan tulang belakang yang lunak ditekan sepanjang bagian atau piringan yang lemah. Herniated disk inilah yang menjadi penyebab umum sakit punggung yang parah dan linu panggul.

Nah, mulai sekarang pindahlah laptop ke meja. Duduklah sejajar dengan laptop. Posisi ini akan membuat tulang belakangmu nyaman dan aman.

3. Meletakkan tablet di atas paha yang menekuk

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh, hindari!

Kamu mungkin sering menggunakan tablet dengan ditumpukan pada paha yang tertekuk sehingga tubuhmu condong ke depan. Hal ini akan menyebabkan nyeri leher.

Mulai sekarang, lebih baik kamu berbaring miring sambil memegang tablet. Kamu bisa bergantian miring ke kanan atau kiri.

4. Menoleh ke layar TV saat olahraga treadmill

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh, hindari!

Untuk kamu yang suka olahraga treadmill dengan menonton TV, sehingga lehermu terjulur dengan posisi yang keliru, berhentilah sekarang.

Saat kamu menoleh ke layar TV yang terletak di kejauhan, terutama di dinding yang tidak sejajar atau lurus dengan pendanganmu, akan membuat tugas sendi, otot, ligamen dan tulang, lebih berat dari biasanya. Akibatnya cepat lelah bahkan terasa pegal-pegal. Maka dari itu, kamu bisa memindahkan TV lepat lurus di hadapanmu atau sekalian saja pergunakan treadmill yang sekaligus satu set dengan layar TV.

5. Menunduk di atas sofa

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh, hindari!

Mungkin kamu pernah menggunakan ponsel dengan posisi tengkurap di sofa lalu leher terjulur menatap ke lantai dan ponselmu di lantai. Posisi ini tidak baik karena membuat semua otot leher posteriormu menyangga kepala. Efek lainnya adalah timbulnya nyeri punggung. Bahkan, penelitian di Australia menemukan posisi seperti ini bisa berisiko sakit punggung bawah.

Mulai sekarang, kamu bisa berebahan telentang dan memegang ponsel tau tablet di kedua tangan di atas kepala. Tapi jangan lama-lama supaya ototmu tidak tegang.

6. Tikungan siku

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh, hindari!

Seringkali kamu mengambil posisi tengkurap, separuh badan terangkat, sambil mengutak-atik ponsel. Nah, ternyata hal ini berbahaya.

Posisi tersebut justru membuat semua berat badan tertumpu pada siku, yang dapat memperburuk saraf ulnaris (saraf yang mengontrol otot-otot di tangan, lengan bawah, dan jari). Akibatnya, kamu akan cepat kesemutan, mati rasa, atau nyeri karena tekanan pada saraf tersebut. Kondisi ini disebut carpal tunnel syndrome atau CTS (sindrom terowongan/lorong karpal). Nah, lebih baik kamu berguling ke samping, yang akan mengambil tekanan dari sikumu dan meringankan 'tugas' punggungmu.

Bagaimana, guys? Siap mencoba tipsnya, dong. Sayangi tubuhmu, ya.