Brilio.net - Jika kamu anggap bahwa menjaga otak merupakan hal yang berat, sebaiknya kamu berpikir ulang. Untuk mempertahankan performa otak yang bagus kamu ternyata nggak susah-susah amat. Yang perlu kamu lakukan hanya pergi ke tempat sauna dan rasakan sensasinya saat tubuhmu mulai berkeringat. Gampang dan menyenangkan bukan?

Sang ahli bernama Rhonda Perciavalle Patrick menjelaskan bahwa meningkatkan suhu pada saat sauna dalam waktu yang singkat bisa bermanfaat untuk otak, sebagaimana dikutip brilio.net dari Lewrcokwell, Selasa (22/9). Hal ini bisa terjadi karena saat kamu bersauna tubuh, sel-sel saraf melepaskan zat protein. Aktivitas ini dikenal dengan istilah brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Aktivitas inilah yang membuat sel yang ada pada batang otak menghasilkan neuron baru dan meningkatkan kesehatan saraf.

Selain itu, aktivitas BDNF ini juga bisa menjaga neuron yang ada pada otot kamu terhindar dari degradasi. Artinya BDNF ini bisa menjaga neuron pada otot tetap prima meskipun kamu sudah menua. Bahkan, tanpa aktivitas ini neuron pada otot bisa terkunci atau tidak berfungsi secara maksimal.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa sauna ternyata bisa meningkatkan level konsentrasi dan menurunkan level stres. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kadar norepinephrine untuk melawan stres. Bahkan, sauna juga bisa membantu otak kamu cepat pulih dari kerusakan.

Jadi kapan kamu akan pergi ke tempat sauna? Kesehatanmu lho!

Loading...