Brilio.net - Film jenis apa sih yang biasa kamu nonton di bioskop? Perang-perangan yang penuh darah dan adegan berantemnya? Film komedi yang lucu bikin ketawa bahkan sampai setelah keluar dari gedung bioskop? Atau justru film drama yang bikin mewek sampai berember-ember, sementara pacar kamu mungkin aja sampai tertidur saking bosennya?

Ah, nggak penting sih jenis filmnya, yang penting usahakan untuk menonton film tersebut dalam format 3D ya? Lho, kenapa gitu? Mahal tahu! Eits, jangan nolak dulu dong! Menurut penelitian, menonton film 3D ternyata bisa bikin kamu lebih pintar ketimbang film biasa lho!

Kesimpulan ini sendiri didapat setelah adanya penelitian yang didanai oleh Vue Cinemas dan ReaID. Nah, dengan melibatkan responden sebanyak 100 orang yang diminta untuk menonton film 3D selama 30 menit, peneliti lalu kemudian akan memonitor aktivitas otak mereka dengan menggunakan alat yang bernama EEG (electroencephalography). Lalu gimana hasilnya?

Dikutip brilio.net dari Forbes, Kamis (9/7), selama pertunjukan film berlangsung, ternyata proses kognitif dalam otak responden meningkat bahkan hingga 23 persen. Itu berarti kemampuan otak mereka mengalami peningkatan yang cukup signifikan akibat menonton film berformat 3D. Kenapa bisa begitu?

Meskipun biaya yang dikeluarkan untuk menonton sebuah film 3D lebih mahal ketimbang film reguler, tapi penonton mendapatkan user experience yang berbeda pada film berformat 3D. Otak manusia akan diajak untuk bekerja menangkap gambar dengan lebih real, sehingga memacu penonton untuk lebih mengeksplorasi fungsi otaknya ketimbang ketika mereka menonton film yang sama dengan format reguler. Tuh, dengerin! Jangan keburu histeris duluan kalau beli tiket nonton film 3D ya?

BACA JUGA BERITA TERKAIT FILM:

Ini film pertama yang diputar di bioskop Indonesia

Film ini tayang selama 20 tahun non stop, rekor terlama di dunia

Sejarah nyanyian dan tarian di film India, pernah 7 lagu di satu film

Ini film Indonesia dengan set terbesar dan terbanyak

Ini film pertama Indonesia yang sukses jadi film internasional