Brilio.net - Seberapa sering kamu mengucapkan terima kasih kepada satpam kompleksmu? Entah karena terburu-buru atau sudah menjadi kebiasaan, kita jarang sekali berterima kasih kepada mereka.

Jangankan satpam penjaga rumah, kepada pelayan minimarket saja kita jarang melakukan hal yang sama. Padahal mengucapkan terima kasih bisa membuat kamu lebih happy dan terhindar depresi sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Men’s Health, Selasa (1/9).

Resep mujarab ini telah dibuktikan oleh ahli psikologi asal University of Pennsylvania bernama Martin Seligman. Pengarang buku Authentic Happiness ini mengujicobakan riset terhadap 411 orang.

Masing-masing responden mendapatkan enam tugas untuk meningkatkan rasa bahagia. Salah satunya adalah menuliskan rasa terima kasih terhadap seseorang melalui surat.

Dari data yang didapat, ternyata orang yang mengirimkan surat ternyata lebih bahagia dibandingkan dengan cara yang lain. Selain itu, efek bahagianya bisa awet mulai dari satu hingga empat minggu setelah pengiriman surat.

Loading...

Jadi, mulailah untuk mengucapkan terima kasih kepada siapapun yang telah membuat hidupmu mudah dan menarik.

Temuan lain dari University California menyebutkan bahwa 40% kebahagiaan seseorang ternyata ditentukan oleh tingkah laku. Sedangkan sisanya, 50% ditentukan oleh susunan genetika dan 10% lainnya dipengaruhi oleh keadaan seperti kekayaan atau kesehatan fisik.

Jadi, kapan kamu terakhir kali merasa bahagia?