Brilio.net - Setiap hari, semuma orang pasti akan kentut. Kentut adalah tanda bahwa tubuh dalam keadaan sehat sehingga bisa mengeluarkan gas-gas sisa pencernaan dari dalam tubuh. Itu makanya, kamu jangan sekali-kali menahan kentut ya? Bahaya! Justru bisa memicu penyakit yang lebih parah, lho.

Nah, berikut ini fakta-fakta tentang kentut yang mesti kamu ketahui, seperti dikutip brilio.net dari Women's Health Mag, Rabu (17/6).

1. Pernah kentut tapi nggak berbau? Kentut jenis ini disebabkan karena udara yang tertelan ke dalam sistem pencernaan, seperti ketika minum, berbicara atau bernafas.

2. Lalu gimana kalau kentut mengeluarkan bau yang busuk? Kentut ini disebabkan karena makanan, terutama makanan yang mengandung zat sulfur yang bernama mercaptans. Biasanya terdapat dalam daging dan susu, serta sayuran sehat seperti brokoli, kembang kol atau almond.

3. Setiap hari orang akan kentut rata-rata sebanyak 10 kali dengan total hampir dua liter kentut yang dikeluarkan. Wow! Kamu pernah menghitung?

Loading...

4. Bagaimana kalau kentut lebih dari 10 kali? Atau bahkan nggak terhitung berapa kali jumlahnya? Wah itu bisa jadi usus atau lambungmu sedang bermasalah, mungkin karena intoleransi gluten atau karena pengaruh produk susu. Jika berlangsung dalam waktu yang lama, jangan segan-segan berkonsultasi dengan dokter ya? Kesehatanmu, lho!

5. Dibandingkan perempuan, laki-laki ternyata lebih sering kentut, lho! Hal ini kemungkinan disebabkan karena laki-laki makan lebih cepat ketimbang perempuan.

6. Menurut American College of Gastroenterology, makan permen karet bisa bikin frekuensi kentutmu jadi lebih sering.

7. Pernah mencoba menahan kentut? Berhasil? Kamu bisa menahan kentut bergantung pada seberapa kuat kekuatan otot sphincer yang ada di anusmu.

8. Ada jenis kentut yang jika disulut api, bisa terbakar, lho. Kenapa bisa begitu? Ini karena kamu mengonsumsi makanan pedas sebelumnya. Nggak percaya? Coba aja nyalain api saat kentut!

BACA JUGA:

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

Susu kedelai simpan khasiat untuk kecantikan kulit

8 Standar unik kecantikan wanita di dunia

Rahasia kecantikan 7 bintang top Hollywood yang bikin kamu heran