Brilio.net - Permasalahan yang seringkali muncul dihadapi kebanyakan orang adalah ketika kita sudah olahraga, makan (dirasa) sehat, eh berat badan tidak turun juga. Atau jangan jauh-jauh diet deh, kesehatan menurun, misalnya sering sakit perut. Kenapa, ya?

Alasan yang mungkin bisa diberikan adalah kamu tidak membaca label makanan, bahkan mengabaikan, kata Ritika Samaddar, kepala ahli gizi di Max Healthcare. Dia menyatakan bahwa konsumen harus cerdas dalam membaca label yang tertera dalam bungkus makanan.

Dari sekian banyak makanan kemasan, hanya air mineral yang memiliki 0 (nol) kalori, yang terjadi secara alami. Maka jangan terkecoh dengan makanan yang bilang "sedikit lemak trans, kurang kalori atau nol kalori".

"Untuk orang marketing, mereka akan bicara sedemikian rupa tentang produk mereka sehingga terlihat menarik bagi konsumen. Jadi, kita tidak bisa menyalahkan mereka. Hanya saja, konsumen memang perlu waspada terhadap pengawet, penambahan lemak, pewarna, dan kalori pada label," kata konsultasi gizi, Geetu Amarnani, seperti dikutip brilio.net dari laman The Health Site, Jumat (12/6).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Selain diimbau bisa membaca kandungan nutrisi dalam makanan melalui label kalori, kita juga harus memahami sumber kalori tersebut. "Untuk setiap orang yang bertujuan menurunkan berat badan, urutan terbaik adalah mengikuti diet tinggi protein, lalu karbohidrat, dan kemudian lemak. Tapi sekali lagi, kita harus melihat apakah karbohidrat berasal dari gula sederhana atau gula kompleks?" kata Samaddar. Sebab, gula kompleks membutuhkan waktu untuk diserap oleh tubuh, sedangkan gula sederhana diserap dengan cepat. Mana yang perlu dan sehat bagi tubuh? Itu ada di tanganmu.

Nah, guys, perhatikan asupan makanan kamu ya.

BACA JUGA:

Memakan nasi sisa hari kemarin ternyata berkhasiat untuk diet

Khasiat hebat seledri, mujarab untuk diet dan bikin tidur nyenyak

Sukses diet, gadis ini justru ingin gemuk lagi gara-gara kena penyakit

Cokelat bisa bikin berat badanmu jadi turun, ayo coba gaya diet ini

Jangan tiru diet ala artis ini, meski Madonna & Mariah Carey melakukan

Mau dietmu sukses? Kamu harus makan 6 kali sehari

Lagi diet? Coba 5 makanan ini, dijamin bikin kamu nggak cepat lapar

Nggak bikin langsing, minuman diet soda malah bikin melar

Campuran pisang dan cuka, diet ala Korea yang bisa melangsingkan tubuh

(brl/pep)