Brilio.net - Studi yang membahas tentang serba-serbi otak manusia memang selalu membuat terkejut. Inti dari tubuh manusia ini tidak hentinya diteliti oleh para ilmuwan. Salah satu kajian yang kerap diinvestigasi adalah persoalan ingatan. Penemuan belum lama ini menyebutkan bahwa ingatan seorang anak bisa dipengaruhi oleh kondisi perekonomian sebagaimana dikutip brilio.net dari Journal of Cognition and Development, Selasa (23/6).

Riset tersebut dilakukan terhadap anak kelas SD yang dibagi ke dalam empat kelompok. Pertama, mereka yang kurang mampu dan tinggal di kota. Yang kedua, anak-anak yang kurang mampu tetapi tinggal di desa. Sedangkan kategori yang ketiga adalah anak yang perekonomiannya tinggi tetapi tinggal di desa. Yang terakhir adalah mereka yang mampu dan tinggal di kota.

Ada beberapa parameter yang digunakan oleh sang peneliti, Michele Tine dalam risetnya. Yang dimaksud dengan kurang mampu adalah anak yang dibesarkan dalam keluarga dengan penghasilan kurang dari Rp 650.000. Golongan ini belajar di sekolah dengan fasilitas makan siang gratis. Sedangkan definisi perkotaan adalah area yang dihuni lebih dari 200.000 orang.

Temuan dari riset tersebut mengungkapkan bahwa anak-anak yang kurang mampu baik di kota ataupun desa mempunyai ingatan yang lebih rendah. Sebagai contohnya, anak yang kurang mampu yang tinggal di kota mempunyai ingatan verbal yang lebih rendah. Bahkan kedua golongan yang tidak mampu baik yang tinggal di kota ataupun di desa juga menunjukkan level yang rendah dalam ingatan visuospatial (ingatan yang berkaitan letak suatau objek).

Sang peneliti, Michele Tine menjelaskan bahwa kondisi lingkungan (perekonomian) lebih berpengaruh dalam kemampuan kognitif mereka pada anak-anak dengan ekonomi yang rendah. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut dalam topik yang sama perlu dilakukan. Tujuannya adalah untuk melihat faktor lain yang bisa mempengaruhi soal ingatan.

Loading...

PERLU JUGA KAMU BACA:

Uji kecerdasanmu, ada berapa lubang di gambar ini

Cara berpakaian ternyata bisa menentukan kecerdasan kamu, percaya?

BACA JUGA:

Unik, di Jepang ada kuil khusus untuk mendoakan gadget

Mahasiswa ini ciptakan charger smartphone tanpa kabel, hebat betul!

Hebatnya 3 anak muda ini, dalam 2 jam jadikan helm sebagai charger HP

Tinggalkan gadgetmu, ada baiknya kamu mulai coba nulis diary lagi

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh

Pakai banyak gadget bisa bikin kemampuan otakmu cepat menurun

5 Efek membahayakan buat kamu yang sudah kecanduan gadget