×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cobalah jalan-jalan di hutan dan rasakan 7 manfaat dahsyat ini!

View Image

0

BRILIO » Life

Cobalah jalan-jalan di hutan dan rasakan 7 manfaat dahsyat ini!

Sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari sel Natural Killer (NK) yang dapat melawan kanker dengan aktivitas berjalan-jalan di hutan.

08 / 06 / 2015

Brilio.net - Kamu pernah mendengar istilah Jepang, "forest bathing" atau "mandi hutan"? Dalam bahasa Jepang disebut shinrin-yoku. Maksud shinrin-yoku adalah kamu berjalan-jalan di hutan sambil menikmati udara, aroma, dan keseluruhan nuansa hutan.

Nah, apakah kegiatan tersebut hanya sebatas memberimu udara segar? Jawabannya tidak.

Seperti dikutip brilio.net dari laman Lifehack, Jumat (5/6), berikut tujuh manfaat yang kamu dapat saat berjalan-jalan di hutan.

1. Mencegah kanker

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr Li dari Nippon Medical School di Tokyo tentang sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari sel Natural Killer (NK) yang dapat melawan kanker dengan aktivitas berjalan-jalan di hutan.

Loading...

Penelitian tersebut mengambil sampel darah dari kelompok kecil relawan sebelum mereka berangkat untuk ekspedisi hutan. Kelompok ini menghabiskan dua sampai tiga hari di hutan. Setelah ekspedisi, darah mereka diambil kembali untuk dianalisis. Hasilnya menunjukkan peningkatan luar biasa dalam aktivitas sel NK, yang juga berlangsung selama satu bulan sesudahnya. Bahkan, perjalanan satu hari di hutan saja, bisa menunjukkan peningkatan sel-sel NK walaupun efek jangka panjangnya lebih pendek.

2. Mengurangi stres

Aroma hutan bisa mengurangi stres, lho. Para peneliti Kyoto University menunjukkannya. Penelitian tersebut meminta subjek untuk mengevaluasi suasana hati mereka dan tingkat stres saat mereka ada di hutan dan ketika berada di lingkungan terkontrol, yaitu lingkungan normal mereka tinggal. Kesimpulannya, mereka mengalami penurunan stres kronis ketika berjalan-jalan di hutan.

Alasan ilmiah terhadap hasil penelitian tersebut adalah para ilmuwan menyatakan bahwa pinus, cemara, dan cedar mengandung phytoncides seperti alpha-pinene dan beta-pinene yang membentuk minyak esensial dari berbagai tanaman dan pohon. Inilah yang berfungsi mengurangi tingkat hormon stres kortisol.

3. Menurunkan depresi

Studi di London menunjukkan mereka yang tinggal di dekat banyak pohon, memiliki kesehatan mental yang baik. Pohon-pohon itu menjadi resep tersendiri untuk antidepresan. Nah, kalau sedang depresi, tapi tempat tinggal di kota, ada baiknya berjalan-jalan ke area hutan untuk "mandi hutan".

4. Membuat otak bekerja dengan baik

Belajar melalui kawasan hutan atau deretan pepohonan hijau dapat membantu memori dan pembelajaran. Bahkan Taman Kanak-kanak (TK) hutan pun sudah ada di Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang bermain di lingkungan hutan lebih memiliki keterampilan kognitif, ketangkasan manual lebih baik, dan dapat menilai risiko lebih baik, dibandingkan anak-anak didik yang belajar di dalam ruangan tertutup. Selain itu, anak-anak juga diajari pentingnya hutan dan bagaimana cara memeliharanya, guna menjaga planet bumi ini.

5. Menurunkan tekanan darah

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika mempromosikan Nasional Trails Day untuk mempertahankan hutan yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat kesehatan adalah dapat menurunkan tekanan darah dengan berjalan-jalan di hutan.

Peneliti di Jepang meminta sekelompok kecil relawan untuk berjalan-jalan di taman hutan di pinggiran kota Tokyo selama dua jam. Sebagai variabel kontrol, mereka harus berjalan-jalan di perkotaan. Setelah tes selesai, dapat diketahui bahwa subjek penelitian memiliki tekanan darah lebih rendah saat berjalan di kawasan hutan daripada berjalan di kota.

6. Membantu menurunkan berat badan

Menurut studi Global Burden of Disease, hampir 30% dari populasi dunia mengalami obesitas! Di Inggris, 675 laki-laki dan 57% perempuan juga berada dalam kategori kelebihan berat badan. Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi obesitas, namun ternyata berjalan, bersepeda, tai chi atau melakukan pekerjaan konservasi secara teratur di wilayah hutan akan membantu penurunan berat badan, lho.

The Forestry Commission, Wales, Inggris, bersama-sama dengan kalangan dokter merekomendasikan orang dengan obesitas untuk berjalan-jalan di hutan. Hal ini jauh lebih sehat daripada olahraga di gym.

7. Mengurangi kesepian

Selain mengatasi masalah kesehatan seperti disebutkan sebelumnya, berjalan-jalan di hutan juga bisa mengusir kesepian karena kita berjalan dengan orang lain.

Well, guys, mau mencobanya? Tapi pastikan itu hutan taman wisata atau rerimbunan pohon yang tidak akan membuatmu tersesat, ya. Jangan sampai niatnya sehat, eh, malah berujung buruk karena kamu nekat berkelana di hutan belantara yang bikin kamu kehilangan arah. Jaga kesehatan dan keamananmu, ya, guys.

BACA JUGA:

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Ladies, kurang vitamin D ternyata bisa bikin kamu mudah depresi lho

Olahraga 15 menit bisa bikin kamu hidup 3 tahun lebih lama

Keluarga kamu ada yang darah tinggi? Coba suruh makan buah bit





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more