Brilio.net - Apakah kamu bisa menjadi penjaga rahasia? Kalimat ini patut dilontarkan di zaman urban ini. Banyak orang yang sengaja menyebarkan atau membiarkan rahasia teman dekat dikonsumsi publik. Kecemasan lain juga patut dipertanyakan, seperti bagaimanakah rasanya menjaga rahasia orang lain itu?

Menjaga rahasia itu bukanlah hal yang mudah, bahkan juga mempengaruhi secara psikis, seperti dikutip brilio.net dari India Times, Senin (15/6). Psikolog, Kanan Khatau Chikhal menjelaskan bahwa orang yang harus menjaga rahasia selalu merasa terbebani. Bahkan bebannya ini bisa mengakibatkan stres dan kecemasan. Parahnya lagi, orang tersebut bisa merasakan bahwa permasalahan dirinya tidak penting lagi karena selalu terbayang-bayang dengan rahasia yang harus dijaga.

Hal ini berbeda dengan para pengacara dan psikolog. Profesi ini memang menuntut untuk selalu menjaga rahasia dari klien, dalam konteks profesional. Tentu saja hal ini berbeda saat orang-orang harus menjaga rahasia orang lain dalam lingkup personal, apalagi dalam sebuah hubungan yang dekat, seperti pacar.

Agar tidak terbebani dengan rahasia yang harus dijaga, Emotional freedom technique merupakan kuncinya. Kanan menjelaskan bahwa cara ini sangat berhubungan dengan pernafasan untuk membuat pikiran menjadi tenang dan sadar secara nyata. Cara lain adalah dengan menuliskan rahasia tersebut dalam kertas. Metode ini dipercaya dapat menurunkan stres dan rasa cemas.

BACA JUGA:

Loading...

Ini 10 gejala autisme yang perlu kamu tahu gejala autisme

Tetap sahabatan dengan lawan jenis saat sudah pacaran, mungkinkah?

5 Resep jitu agar persahabatan kamu bisa langgeng

Berapakah jumlah teman yang seharusnya kamu miliki dalam kehidupan?

5 Jenis teman yang unik ini pasti kamu miliki

Ingin punya banyak teman? Kamu harus lebih sering tersenyum

7 Arti pesan singkat dari teman yang perlu kamu tahu